Minggu, 17 November 2013

Habib Idrus bin Hasan Al-Habsyi

Habib Idrus adalah Hoofd der Arabieren, pemimpin komunitas orang Arab di Banjarmasin pada zaman penjajahan Belanda. Habib Idrus bin Hasan bin Aqil Al-Habsyi merupakan orang penting dari golongan keluarga keturunan yang duduk di Dewan Pengadilan/Kehakiman di Banjarmasin, lembaga pemerintahan yang dibentuk setelah Kerajaan Banjar dihapuskan Belanda per 11 Juni 1860.

Habib Idrus meninggal dunia tahun 1876 dan dimakamkan di Turbah (makam/kubur) Sungai Jingah Banjarmasin. Putranya Habib Hasan bin Idrus Al-Habsyi menjadi penerusnya sebagai Kapten Arab (Kaptein der Arabieren). Habib Idrus dan putranya Habib Hasan pada masa itu berdomisili di Kampung Ujung Murung Banjarmasin.

Selain anak beranak ini, kerabat keluarganya yang lain juga bermakam di Turbah Sungai Jingah. Selain keluarga Al-Habsyi terdapat juga makam keluarga Assegaf, Ba’abud, Al-Kaff, Al-Hinduan, Bilfaqih, Alaydrus, Al-Hadi, Al-Qudsyi, Al-Bahasyim, Aidid, Shahab, Al-Hamid dan marga-marga lain keturunan anak cucu Nabi Muhammad.
Sebagai tokoh paling sepuh dari  keluarga habaib di Banjarmasin makam Habib Idrus ramai dkunjungi peziarah dari pelbagai daerah. Komunitas dan kelompok pengajian datang melakukan ziarah pada saat tengah malam.

Sementara dari pihak keluarga dan kerabat sering terlihat datang menziarahi leluhurnya pada pagi hari Jumat sebelum waktu Shalat Jumat.

- See more at: http://www.kabarbanjarmasin.com/posting/makam-tua-habib-idrus-bin-hasan-al-habsyi.html#sthash.iZwYD9LN.dpuf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar