Kamis, 14 November 2013

Karomah Abah Guru Sekumpul

Kesaksian al-Aalimul faadhil Guru Haji Ahmad Bakri : Jika saya berdusta dalam kesaksian ini maka bolehlah saya dicap sebagai munafik. Ketika saya akan berangkat haji pada suatu tahun, saya sowan kepada Guru Sekumpul. Dalam kesempatan itu saya bertanya: wahai Abah! Siapakah Wali Qutub di negeri Makkah pada masa sekarang? Guru Sekumpul tersenyum seraya berkata : “Bakri, Bakri… nama beliau adalah Habib Abu Bakar bin Abdullah al-Habsyi. Guru Bakri Berkata: “Dimanakah ulun dapat menjumpai beliau?”. Guru Sekumpul menjawab; “engkau pasti akan berjumpa dengan beliau”

Saya pun (Guru Bakri) berangkat haji. Satu minggu sebelum pulang ke tanah air, belum juga saya jumpa dengan beliau (Habib Abu Bakar). Akhirnya saya bertanya kepada salah seorang mukimin di Makkah, dimanakah ada seorang yang terkenal sebagai Wali di Makkah ini. Maka dijawab: “ada, beliau tinggal di daerah jabal Nur, nama beliau adalah Habib Abu Bakar al-Habsyi”. Sayapun mencarter taxi ke sana dengan satu orang teman (tidak ramai-ramai, karena ahlussunnah wal jama’ah sangat dicurigai dan diawasi di Saudi). Sesampainya di sana pas waktu Ashar. Selesai sholat Ashar, saya kagum dan terkejut karena ternyata wiridan yang dibaca di sana persis seperti wiridan di sekumpul. Setelah selesai wirid dilanjutkan dengan majelis ta’lim dengan membaca kitab syarah ‘ainiyyah, inipun ternyata sama seperti di sekumpul (waktu itu Guru Sekumpul pun sedang mengajarkan kita syarah ‘ainiyyah). Setelah selesai majelis, maka sayapun minta izin untuk bertemu dengan beliau. Tidak lama beliaupun keluar. Ternyata orangnya sudah tua tetapi tampak masih sangat kuat dan bertenaga. Belum sempat saya mengucap salam, beliau langsung berkata مرحبا العالم الكبير شيخ زيني غني مرتابورا (selamat datang, seorang Alim yang Besar syaikh Zaini Ghani Martapura), padahal saya tidak pernah memberi tahu beliau. Ternyata yang beliau lihat bukan saya, tetapi Guru Sekumpul. Berarti Guru sekumpul sudah memberi tahu beliau (entah bagaimana caranya) kalau saya akan sowan kepada beliau.

Tanpa panjang pembicaraan saya pun pulang. Karena sebelumnya sudah dinasehati oleh Guru Sekumpul untuk tidak banyak bicara. Yang penting minta diakui sebagai murid, itu sudah cukup, sebab seorang guru akan memberi syafaat kepada muridnya.

Setibanya di Banjarmasin saya pun sowan ke Guru Sekumpul dengan niat menceritakan kepada beliau apa yang terjadi sekaligus menggembirakan beliau dengan kajadian itu. Malam itu pas malam kamis, selesai pengajian, saya ikuti beliau dari belakang. Beliau menoleh dan berkata: “Naik, Bakri”. Sayapun mengikuti beliau. Kami masuk ke rumah beliau sampai ke dalam kamar beliau. Beliau mematikan lampu dan berdoa agak lama. Setelah kurang lebih sepuluh menitan, selesai berdoa beliau berkata: “sudah Bakri, kada usah bakesah lagi, Abah Tahu ai (yang terjadi).” (selesai kisah Guru Haji Bakri)


al-Habib Ibrahim bin Yahya, Mufti Ta'iz

Nasab Beliau

Beliau adalah al‐Habib al‐`Allamah Ibrahim bin `Umar bin `Aqil bin `Abdullah bin `Umar bin Abu Bakr bin `Umar  bin Taha bin Muhammad bin Shaykh bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin `Alawi bin Shaykh Muhammad Mawla al‐Dawilah bin `Ali Mawla Darak, bin `Alawi al‐Ghuyur, bin al‐Faqih al‐Muqaddam, Muhammad bin `Ali, bin Muhammad Sahib Mirbat, bin `Ali Khali` Qasam, bin `Alawi, bin Muhammad Sahib al‐Sawma`a, bin `Alawi, bin `Ubaydullah, bin al‐Imam al‐Muhajir il‐ Allah   Ahmad,  bin   `Isa,   bin   Muhammad   al‐Naqib,   bin   `Ali   al‐`Uraydi,  bin   Ja`far   al‐Sadiq,   bin Muhammad al‐Baqir, bin  `Ali Zayn al‐`Abidin, bin Husayn al‐Sibt, bin `Ali bin  Abu  Talib and Fatima al‐Zahra, anak perempuan Rasulullah SAW, Nabi Penutup.

Kehidupan Beliau

Habib Ibrahim lahir di kota al-Masilah, dekat Tarim pada tahun 1327 H (1908 M). Beliau mendapat pendidikan dari kedua orang tuanya dan nenek kandungnya yaitu Syarifah Zahra dan Syarifah Sayyidah yang mana merupakan anak perempuan dari Imam Besar Habib `Abdullah bin Husayn bin Tahir. Kedua wanita ini terkenal akan kealimannya, khususnya Syarifah Sayyidah akan keulamaannya. Pelajar dan salik akan mendatangi beliau untuk mendapat ilmu dan mendapat ijazah dari beliau karena sanadnya yang kuat. Pada suatu waktu, Habib Ahmad bin Hasan al-Athas datang untuk menemui Syarifah Sayyidah, lalu Habib Ibrahim yang masih kecil dibawa ke hadapan Habib Ahmad untuk dibacakan doa. Habib Ibrahim juga pernah dibawa ke Habib Ali al-Habshi dengan alasan yang sama. Ibunya Syarifah Nur sering membawanya ke mesjid waktu umurnya belum mencapai 7 tahun pada sepertiga malam dan melarangnya pulang sebelum matahari terbit. Begitulah kondisi keilmuan dan spiritual Habib Ibrahim tumbuh. Jadi tidak mengherankan bila pada usia 8 tahun beliau sudah dapat menyusun syair yg menunjukkan tidak hanya kejeniusan tata bahasanya tapi juga hubungannya dengan Tuhannya.

Beliau berkata, " Jika saya ingin berbicara hanya sesuai dengan ayat yang sudah saya kerjakan". Kekuatan memorinya, seperti kata beliau," Saya tidak pernah membaca sebuah buku dan butuh untuk membacanya lagi." Maka dari itu tidak heran bila beliau cepat menghafalkan Al_qur'an dan kitab-kitab ilmu agama Islam.

Beliau diajarkan pertama oleh pamannya, Habib Muhammad bin Aqil bin Yahya. Kemudian beliau menguasai ilmu lahir dan bathin di tangan para Imam Tarim kala itu yaitu  Habib `Abdullah bin `Aydarus al‐`Aydarus, Habib `Abd al‐Bari bin Shaykh al‐`Aydarus, Habib `Abdullah bin `Umar al‐ShaPri dan Habib `Alawi bin `Abdullah Shihab al‐Din. Beliau juga belajar dari para guru seperti Habib `Alawi bin Tahir al‐Haddad and Habib Salih bin `Abdullah al‐Haddad.
Beliau mulai mengajar di mesjid Habib `Abdullah bin Husayn bin Tahir sebelum beliau baligh dan nantinya menjadi imam dari mesjid tersebut. Di masa mudanya beliau terlibat di beberapa kegiatan keulamaan dan selalu menulis, meneliti dan mengajar. Beliau mewarisi banyak tanah di sekitar al-Masilah, tetapi salah satu saudaranya memalsukan bahwa tanah itu milik saudaranya. Habib Ibrahim akhirnya pergi ke Tarim dengan dokumen yang membuktikan kepemilikan tanahnya untuk diserahkan kasusnya kepada hakim. Tapi kemudian beliau bertemu dengan syaikhnya Habib `Abdullah bin `Umar al‐ShaPri, yang berkata kepadanya," Wahai Ibrahim, jika seseorang menentangmu di masalah agama, maka pertahankanlah agamamu. Tapi jika seseorang berselisih denganmu karena masalah dunia maka lemparkanlah ke wajahnya." 
Habib Ibrahim akhirnya meninggalkan masalah kepemilikan tanahnya dan di tahun 1354 H (1935 M) meninggalkan Hadramaut ke Yaman Utara. Beliau pertama tinggal di al-Hudaydah di pesisir Laut Merah, dimana beliau belajar kepada pamannya, Habib Muhammad bin 'Aqil. Beliau juga belajar dari ulama besar Sayyid `Abd al‐Rahman bin Muhammad al‐Ahdal.
Beliau pernah berdagang dan sangat sukses tapi kemudian beliau tinggalkan karena tidak menghendaki sesuatu yang bersifat sementara.
Setelah kematian pamannya, beliau pindah ke Zabid lalu kemudian Ta'izz yang mana akhirnya beliau menetap. Selama periode itu beliau pergi ke Irak sebagai bagian dari delegasi pemerintahan, yang mana beliau lulus akademi militernya. Ketika kembali ke Yaman beliau diangkat sebagai Mentri di masa pemerintahan Imam Yahya bin Muhammad. Beliau menjabat posisi ini sampai revolusi tahun 1381 H (1962 M), yang mana setelah itu beliau diangkat menjadi Mufti di kota Ta'izz.

Rumah beliau di Ta'izz terbuka siang dan malam untuk semua pendatang. Bahkan lebih mirip sebuah zawiya dibandingkan sebuah rumah, menjadi tempat majlis-majlis zikir, tamu-tamu dihormati, yang miskin diberi makan dan kebutuhan mereka dipenuhi. Habib Ibrahim bisa tiap hari duduk dari Zuhur hingga Maghrib dan murid-muridnya datang dan membacakan buku-buku di berbagai ilmu kepada beliau. Beliau memiliki sanad yang sangat kuat  dalam Sahih al-Bukhari dan kitab ini terus menerus dibaca bersama dengan penjelasannya. Jika sudah selesai, bacaan baru segera dimulai. Banyak orang yang datang dengan masalahnya atau meminta fatwa dan Habib Ibrahim menolong mereka semua dengan penuh kehangatan dan kasih sayang. Sisa waktu beliau digunakan untuk berzikir kepada Allah dan membaca Al-Qur'an. Beliau melaksanakan haji lebih dari 20 kali, memperbaharui hubungannya dengan ulama-ulama Hijaz di setiap kesempatan.


Beliau sangat rendah hati dan hatinya tidak terpaut keduniaan. Beliau lebih memilih hidup sederhana dan tidak menyukai sifat mempengaruhi (takalluf). Ketika seorang pebisnis paling kaya di Yaman mengunjungi beliau, beliau bersikeras kalau beliau makan dari piring yang sama yang mana orang miskin makan. Beliau berkata," Saya tidak pernah bersumpah atas nama Allah dalam hidup saya baik dalam kebenaran atau keburukan."
Murid-muridnya antara lain adalah  Habib   Muhammad   al‐Haddar,   Habib   Zayn   bin   Sumayt,   Sayyid Muhammad `Alawi al‐Maliki, Habib `Umar bin Hafiz and Shaykh Muhammad al‐Hariri. 

Kematian Beliau

Habib Ibrahim kehilangan penglihatannya di masa akhirnya dan menghabiskan waktunya dalam kebungkaman. Beliau berkata bahwa saat ini makna sebenarnya sehat ('afiyah) adalah di mana hati bersih dari penentangan terhadap ketetapan Allah. Beliau telah hidup dengan penuh ketaatan terhadap Sunnah dan hal ini tidak berubah bahkan di akhir hayatnya. Ketika seseorang menolongnya untuk berwudhu menggulung lengan bajunya yang kanan sebelum yang kiri supaya bisa membasuh tangan kanannya, beliau mengingatkan bahwa sunnahnya ketika membuka pakaian adalah dimulai dari yang kiri bukan yang kanan. Beliau wafat pada 14 Jumadil Awal 1415 H (1995 M). Banyak sekali yang menghadiri shalat jenazah beliau di Jami' al-Muzaffar, di mana beliau menjadi khatib selama lebih dari 30 tahun. Beliau dimakamkan di pemakaman Habil Salman di Ta'izz.
   

Semoga Allah mengangkat derajatnya dan menurunkan rahmatNya karena beliau dalam kehidupan ini dan akhirat.


  https://sites.google.com/site/pustakapejaten/manaqib-biografi/habaib/al-habib-ibrahim-bin-yahya-mufti-ta-iz

Al-Habib Ali bin Hasan al-Aththas shohib Masyhad

Beliau adalah Al-Habib Abu Hasan Ali bin Hasan bin Abdullah bin Husein bin Umar bin Abdurrahman bin Aqil Al-Aththas bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman As-Seqqaf bin Muhammad Mauladawileh bin Ali Maula Darak bin Alwy al-Ghuyyur bin Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shahib Marbath bin Ali Qasam bin Alwy bin Muhammad bin Alwy bin Ubaidullah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi bin Muhammad An-Naqib bin Ali Ar-Uraidhi bin Ja’far Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein As-Sibthi bin Ali Abi Thalib ibin Fathimah Az-Zahra binti Rasulullah SAW. 

Beliau dilahirkan di Huraidhah, Hadhramaut. Pada malam Jumat, Rabiul Tsani tahun 1121 H. Beliau wafat di Masyhad, Gheywar pada tahun 1172 H. pada usia 51 tahun. Beliau mengambil thariqah, tasawuf dari kakeknya yaitu dari al-Habib Husein bin Umar bin Abdurrahman al-Aththas.

Al-Habib Ali bin Hasan al-Aththas beliau berkata, “Saya membaca pada al-Habib Husein bin Umar al-Aththas, kitab Bidayatul Hidayah karya Imam al-Ghazali. Al-Adzkar karya al-Imam Muhyiddin Nawawi. Al-Fushulul Muhimmah fi fadhailil A-immah karya Ibnush Shobbagh al-Maliki.” Selain itu beliau pun mempelajari kitab Syarh al-Hikam karya asy-Syekh Muhammad bin Ibrahim bin ‘Ubbad an-Nafi ar-Randi, kitab Syarah Qasidah al-Hamaziyah-nya Imam al-Bushiri karya Syekh al-Imam Ibn Hajar al-Haitami dan masih banyak lagi. Kakeknya Al-Habib Husein inilah guru paling utama dari Al-Habib Ali bin Hasan Al-Aththas.

Selain itu beliau juga belajar pada ulama-ulama lain pada zaman itu (Abad XII H) sehingga beliau menjadi ulama yang disegani dan unggul dalam ilmu dzahir dan bathin.

Di antara karya-karya beliau adalah sebagai berikut :

1.    Al-Qirthas fi Manaqibil Aththas, kitab ini yang paling termashyur di antara karya beliau yang lain.

2.    Silwatul Mahzun Wa Izwatal Mamhun.

3.    Mizajut Tasnim fi Hikami Luqmanil Hakim.

4.    Khulashatul Maghnam Wa Bughyatul Muhtam Bismillahil A’zham.

5.    ‘Athiyyatul Hanniyah Wal Washiyyatul Mardhiyyah.

6.    Al-Maqshad Ila Syawahidil Masyhad.

7.    Ar-Riyadhul Muniqah Fil Al-Fazhil Mutafarriqah.

8.    Muqaddimatu Najwa Dzawil Maqamatis-Sirriyyah Wa Muqaddimatu Jaysil Maqamatil Haririyyah.

9.    Safinatul Badhayi’ Wa Dhaminatudh Dhawayi’.

10. Sebuah Diwan (kumpulan syair) yang berjudul Qalaidul Hisan Wa Faraidul Lisan.

11. Ar-Rasail Al-Mursalah Wal Wasail Al-Mushalah.

Al-Habib Ali bin Husain Al-Aththas penyusun kitab Tajul A’ras Fi Manaqib Al-Habib Al-Quthb Shaleh bin Abdullah Al-Aththas berkata : Al-Habib Ali bin Hasan juga memiliki karya-karya yang lain yaitu :

1.    Kitab Asy-Syawahid Wasy Syawarid, tentang kata-kata hikmah dari Yunani.

2.    Kitab tentang lafazh Wasiat yang selayaknya dipersiapkan oleh seorang muslim sebelum kematiannya.

3.    Kitab Al-Hadrah Ar-Rabbaniyyah Wan Nazrah Ar-Rahmaniyyah dan lain-lain.





Al-Habib Ali bin Hasan Al-Aththas di dalam Kitab Al-Qirthas menerangkan tentang keutamaan menyusun dan menyebarluaskan sejarah hidup dan manaqib orang-orang sholeh. Beliau berkata,” Di antara keutamaan membukukan, menulis dan menyebarluaskan sejarah hidup orang-orang sholeh adalah demi untuk mencintai orang-orang sholeh sebagaimana yang disebutkan Baginda Nabi SAW dalam sabdanya :” Sesungguhnya seseorang telah ridho dan senang mengikuti petunjuk dan amalan seseorang yang sholeh, maka ia akan semisal dengannya dan seseorang yang mencintai sekelompok orang, maka akan dikumpulkan bersama mereka, sebab seseorang akan dikumpulkan bersama orang-orang yang dicintainya”. Di dalam Shahih Bukhari disebutkan ada seorang laki-laki bertanya kepada Baginda Nabi SAW :” Bilakah tibanya hari kiamat?”

Tanya beliau SAW,” Apa yang engkau siapkan untuk menghadapinya?”

Jawab lelaki itu,” Aku tidak menyiapkan apapun, selain hanya mencintai Allah dan Rasul-Nya”.

Maka sabda Baginda Nabi SAW,” Maka engkau akan dikumpulkan dengan orang yang engkau cintai.”

Selanjutnya kata sahabat Anas ra.,”Sesungguhnya aku mencintai Nabi SAW dan aku pun mencintai Abu Bakar dan Umar, semoga aku dikumpulkan bersama dengan mereka, meskipun aku tidak bisa melakukan amal-amal kebajikan sebanyak yang mereka lakukan.””



Al-Habib Ali bin Hasan Al-Aththas berkata,” Aku mencintai Allah dan Rasul-Nya, para sahabat-sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti mereka, dan aku pun mencintai Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Aththas. Karena itu aku berharap, semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepadaku berkat mereka semua.”



Di antara faedah dari mencintai orang-orang sholeh adalah, seperti yang diungkapkan Sayyidi Syekh Abdu Sholeh Hamdun bin Amara Al-Khisar An-Naisaburi :”Barangsiapa yang mempelajari sejarah hidup orang-orang sholeh terdahulu maka ia akan mengetahui segala kekurangannya dan ketinggalannya dari orang-orang yang telah berhasil meraih kedudukan tertinggi”. Ucapan ini dinukil juga oleh Imam Khusairi.rhm di dalam risalahnya.



Ketika Syekh Zakaria bin Muhammad, mengomentari ucapan tadi  Sayyidi Syekh Abdu Sholeh Hamdun  maka ia menyebutkan di dalam kitab syarah-risalah : “Sebab sahabat-sahabat Nabi SAW telah mengorbankan harta mereka dan diri mereka di jalan Allah, mereka menjual diri mereka kepada Allah dan mereka memenuhi janji mereka kepada Allah. Demikian pula kaum tabi’in (pengikut), mereka telah pula menghabiskan kesempatan diri mereka untuk menuntut ilmu dan melakukan amal-amal kebajikan, serta berpaling dari kesenangan duniawi. Seseorang yang memperhatikan sejarah hidup orang-orang sholeh, kemudian ia membandingkan dirinya dengan orang-orang yang terkemuka itu maka ia tidak akan mendapati. Maka mereka akan menjadi rindu kepada Tuhan mereka”.



Menurut Al-Habib Ali bin Hasan Al-Aththas maksud dari kata mencium dari bau harumnya seorang wali adalah, mendengarkan sejarah hidup para wali itu, baik dari segi akhlaknya, ketekunan ibadahnya dan kekerasan serta karamah-karamah yang mereka peroleh, maka tidak diragukan lagi berita-berita itu akan mengena di hati orang dan akan menjadikannya ia rindu kepada Tuhan Yang Mengetahui Segala yang Ghaib, dan berita-berita itu akan mendorongnya makin bergairah untuk meningkatkan prestasi pengabdiannya kepada Allah SWT, sebagaimana sebuah besi magnetis akan menarik besi lainnya.



Syakhik Al-Balqhi.rhm berkata,”Seorang yang tidak mengasihani seseorang yang telah berbuat kesalahan maka sesungguhnya ia lebih jahat daripada orang yang berbuat kesalahan itu, seseorang yang tidak terpesona oleh manisnya kisah seorang wali maka itu adalah orang yang buruk.”



Imam Muhyiddin an-Nawawi.rhm menyebutkan di dalam mukadimah kitab majemuk al-Kabiir,” Hendaknya seorang murid mengenal nama-nama para sahabat dan para ulama lengkap dengan julukan mereka, sejarah hidup mereka, nasab mereka dan sifat-sifat mereka”. Selain itu di bagian akhir mukadimah kitab Thadzibul Asmaa-i Wal Lughat, beliau menyebutkan,” Ketahuilah, bahwa untuk mengenali nama-nama orang sholeh beserta keadaan mereka beserta tingkatan mereka mempunyai faedah yang banyak diantaranya adalah mengetahui dengan baik sejarah hidup mereka, sehingga suri tauladan mereka dapat diikuti dan dapat menghormati mereka menurut kedudukan yang semestinya”. Sehubungan dengan ini Sayidah Aisyah.rha pernah berkata,” Kami diperintahkan Rasulullah SAW untuk menghormati manusia menurut kedudukannya masing-masing.”



Selanjutnya  Al-Habib Ali bin Hasan Al-Aththas menuturkan,”Ketika guru kami Al-Habib Husein bin Umar bin Abdurrahman Al-Aththas menyuruhku membaca sebuah kitab tentang sejarah perjalanan sesepuh kami ahli bait, yaitu ketika aku mulai belajar ilmu agama dari beliau, maka sebagian orang berkata kepada beliau,” Mengapa engkau menyuruh anak ini membaca sejarah hidup ahli bait?”, maka Al-Habib Husein berkata,” Kami ingin agar ia mengenal sejarah hidup kaum salafnya yang sholeh, agar ia dapat mengikuti suri tauladan mereka yang baik.”



Selanjutnya Al-Habib Ali bin Hasan Al-Aththas menuturkan,“Al-Qur’an Al-Aziz banyak mengutarakan sejarah hidup orang-orang terkemuka dan berita orang-orang baik maupun orang-orang jahat, baik secara terperinci maupun secara ringkas, semua itu disebutkan agar diambil pelajaran dari kisah-kisah itu. Demikian pula kaum ulama banyak yang menulis sejarah hidup orang –orang sholeh yang terkemuka, di antaranya Imam Bukhari sendiri pernah menyusun bab sejarah hidup orang-orang sholeh yang terkenal. Apa yang saya tuangkan di atas tentang sekelumit keutamaan mencatat dan mengenali sejarah hidup orang-orany yang sholeh merupakan pengetahuan yang cukup tinggi nilainya bagi orang-orang yang mencintai mereka dan yang mengikuti suri tauladan baik mereka.”



Sanad Al-Habib Ali bin Hasan Al-Aththas yang beliau terima dari gurunya yang mulia Al-Quthb Kabir Al-Imam al-Habib Husein bin Syekh Abu Bakar bin Salim.rhm



Beliau belajar dari gurunya :

Al-Habib Husein bin Umar bin Abdurrahman Al-Aththas dari ayahnya,
Al-Quthb Anfas Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Aththas dari gurunya,
Al-Habib Husein bin Syekh Abu Bakar bin Salim dari saudaranya,
Al-Habib Umar Al-Mukhdor bin Syekh Abu Bakar bin Salim dari ayahnya,
Quthb Fakrul Wujud Syekh Abu Bakar bin Salim dari gurunya,
Al-Habib Syihabuddin Ahmad bin Abdurrahman dari ayahnya,
Al-Habib Abdurrahman bin Ali dari ayahnya,
Al-Habib Ali bin Abu Bakar As-Sakran dari ayahnya dan pamannya,
Al-Habib Abu Bakar Sakran dan Al-Habib Umar Al-Mukhdor, beliau berdua menerima dari ayahnya Al-Habib Quthb Kabiir Abdurrahman As-Seqqaf dari ayahnya,
Al-Habib Muhammad Mauladawileh dari ayahnya,
Al Imam Ali Maula Darrak dari ayahnya,
Al-Imam Alwy Al-Ghuyyur dari ayahnya,
Al-Imam Sayyidi Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali Ba’Alawy dari ayahnya dan pamannya
Al-Imam Ali bin Muhammad Shahib Marbath dan Al-Imam Alwy ‘Ammal Faqih beliau berdua dari ayahnya,
Al-Imam Muhammad Shahib Marbath dari ayahnya,
Al-Imam Ali Khali Qasam dari ayahnya,
Al-Imam Alwy Shahib Shamal dari ayahnya,
Al-Imam Muhammad dari ayahnya,
Al-Imam Alwy Ba’Alawy dari ayahnya,
Al-Imam Ubaidullah dari ayahnya,
Al-Imam Ahmad Al-Muhajir dari ayahnya,
Al-Imam Isa Ar-Rumi dari ayahnya,
Al-Imam Muhammad An-Naqib dari ayahnya,
Al-Imam Ali Al-Uraidhi dari ayahnya,
Al-Imam Ja’far Shadiq, dari ayahnya,
Al-Imam  Muhammad Al-Baqir ayahnya,
Al-Imam Ali Zainal Abidin dari ayahnya dan pamannya,
Al-Imam Husein dan Al-Imam Hasan dari ayahnya,
Amirul Mukminin Sayyidina Ali bin Abi Thalib dari
Baginda Nabi Rasulullah SAW dari Malaikat Jibril as. dari Allah SWT


Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali Ba’Alawy beliau juga menerima sanad dari jalur lain selain dari ayah dan pamannya yakni dari gurunya :

Sayyidi Syekh Syu’aib Abu Madyan Al-Maghribi, dengan perantaraan Syekh Abdurrahman Al-Muq’ad dan Syekh Abdullah As-Sholeh. Sayyidi Syekh Syu’aib Abu Madyan Al-Maghribi juga memperoleh sanad dari Kanjeng Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.
Sayyidi Syekh Abu Ya’izza Al-Maghribi
Sayyidi Syekh Abul Hasan bin Hirzihim (Abu Harazim)
Sayyidi Syekh Abu Bakar bin Muhammad bin Abdullah Ibn ‘Arabi
Sayyidi Syekh Al-Imam Hujjatul Islam Abu Hamid bin Muhammad Al-Ghazali
Sayyidi Syekh Al-Imam Haramain Abdul Malik
Imam Muhammad Abdullah bin Yusuf Al-Juwaini

Sayyidi Syekh Abu Thalib Al-Makki
Sayyidi Syekh Abu Bakar Asy-Syibli
Sayyidi Syekh Al-Imam Abul Qasim Junaid Al-Baghdadi
Sayyidi Syekh As-Sirri As-Siqthi
Sayyidi Syekh Ma’ruf Al-Kharki
Sayyidi Syekh Daud At-Tha’i
Sayyidi Syekh Habib Al-Ajami
Sayyidi Syekh Al-Imam Hasan Al-Bashri
Amirul Mukminin Sayyidina Al-Imam Ali bin Abi Thalib
Sayidina Rasulullah SAW


   Ia menulis dalam Al-Qirthos nishful awwal:

    "Lalu diam-diam aku mulai menulis dan tidak ada selain Allah yang kuberitahu.  Aku merahasiakannya untuk  waktu yang cukup lama.   Suatu hari aku pergi ke kota Qoidun untuk berziarah ke makam As-Syeikh Al-Kabir Said bin Isa Al-Amudi.  Di sana aku bertemu dengan Sayyidiy As-Syeikh Al-‘Arif Asy-Syarif Abubakar bin Muhammad bin Abubakar bin Muhammad Ba Faqih Alawiy.  Habib Abdullah Al-Haddad pernah berkata bahwa beliau menduduki maqom Junaid.  Beliau berkata kepadaku, ‘Wahai Ali, alhamdulillah aku telah bergaul dengan banyak wali Allah.  Di antara mereka adalah kakekmu Umar, murid beliau Syeikh Ali Baros, Syeikh Muhammad bin Ahmad Ba Masymus, Habib Abdullah Al-Haddad, Habib Husein bin Umar Alatas, Habib Isa bin Muhammad Al-Habsyi, Habib Ahmad bin Umar Al-Hinduan..."

    Habib Abubakar menyebutkan nama para wali yang pernah ditemuinya, kemudian Habib Ali bin Hasan melanjutkan ceritanya:

    Setelah itu beliau berkata kepadaku, ‘Wahai Ali, tulislah, tulislah.’  Aku pun segera sadar bahwa Allah telah memberitahukan niatku kepadanya. (Hal 2) 

    Mulailah Habib Ali bin Hasan melakukan perjalanan untuk menemui orang yang pernah bertemu kakeknya, atau menemui orang yang pernah bertemu dengan orang yang pernah bertemu kakeknya.



Sehubungan dengan rencananya untuk menyusun manaqib kakeknya, Habib Ali bin Hasan bercerita:

Ketika aku masih menulis pengantar buku ini, tiba-tiba seorang syarif majdzub yang bernama Abdurrahman Al-Gushn Ba Alawi  berjalan menghampiriku sambil membaca Quran.  Aku segera berdiri menyambutnya.  Setelah berada dekat denganku, ia menoleh kepadaku lalu mengeraskan bacaannya: Faqshushil Qoshosho la-'allahum yatafakkaruun (Oleh karena itu, ceritakanlah [kepada mereka] kisah itu agar mereka berfikir) Al-A'rof, 176  Aku senang dengan ucapannya ini dan kagum kepadanya.  Lalu kuletakkan ayat  ini dalam kata pengantar bukuku.  (hal 7)

    Semangat Habib Ali bin Hasan tambah menggebu-gebu.  Sebab, sudah ada dua orang arif yang mendukung usahanya.  Dan yang lebih menggembirakan, kedua orang itu tahu rencana penyusunan manaqib bukan darinya.  Tapi Alloh-lah yang menyingkapkan kepada mereka niat baik ini.  Dengan kata lain, bahwa Alloh pun meridhoi niatnya.



    Di samping semua itu masih ada lagi alasan lain yang lebih memantapkan hati habib ini.  Beliau berkata:

    Di antara hal yang mendorongku untuk menulis buku ini adalah apa yang disebutkan oleh pengarang kitab A’maalut Taariikh: Barang siapa menulis tarikh seorang wali Allah Ta’ala maka kelak di hari kiamat ia akan bersamanya.  Dan barang siapa melihat nama seorang wali Allah dalam kitab tarikh karena mencintainya, maka ia seakan-akan telah menziarahinya.  Dan barang siapa menziarahi wali Allah, maka semua dosanya diampuni Allah selama ia tidak mengganggu seorang muslim pun dalam perjalanannya. (hal 43)

Habib Ali bin Hasan sempat merasa kecewa dengan ulamanya zamannya.

Habib Ali bercerita:

    Sebelumnya aku telah mempersiapkan sebuah judul untuk buku ini.  Namun, ketika aku berziarah ke makam Asy-Syeikh Al-Kabir Abdurrahman bin Umar Ba Harmus yang dijuluki Al-Ahdhor* di pekuburan Hitsm di kota Heinein, Allah mengilhamiku untuk memberi judul buku ini Al-Qirthos Fi Manaqibil 'Atthos.  Kurenungkan nama ini, kulihat di Quran kata qirthos disebut beberapa kali.  Di antaranya adalah: walau nazzalnaa 'alaika kitaaban fii qirthoos... (dan kalau Kami turunkan kepadamu tulisan di atas kertas), taj'aluunahuu qoroothis... (kalian jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas), dll.  (hal 5)...   Aku juga melihat tiga huruf terakhir dari kata qirthos senada dengan tiga huruf akhir kata Al-'Atthos.  Dan belum ada seorang penulis pun yang menggunakan nama ini, lagi pula makna kata itu sesuai dengan isi hatiku. (hal 6)

Mengapa garis keturunan Rosul saw ini disebut Al-'Atthos?  Nantikan rubrik berikut.

Keluarga Al-'Atthas adalah keturunan dari Abdurrahman bin Agil bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman Assegaf.

    Kata Al-'Atthas berasa dari kata dasar 'athosa yang berarti bersin.



    Habib Ali bin Hasan Al-'Atthas dalam bagian pertama bukunya yang berjudul Al-Qirthos Fi Manakibil 'Atthos berkata, “Dijuluki Al-'Atthas karena suatu karomah.  Ketika dalam kandungan ibunya, janin keluarga Al-'Atthas bersin dan mengucapkan Alhamdulillah.  Suara bersin ini terdengar padahal ia masih berada dalam kandungan ibunya.  Orang yang pertama kali bersin dalam kandungan ibunya adalah Sayidina Agil bin Salim.  (Al-Mu’jam Al-Lathiif, cet. I 1986, Alamul Ma’rifah, Jeddah hal 134 – 135)



    Habib Ali bin Hasan Alatas berkata bahwa suara bersin dari janin-janin keluarga Al-'Atthas selalu terdengar sepanjang zaman.  Anak beliau, Hasan bin Ali, juga bersin ketika berada dalam kandungan ibunya.  Suara bersin itu hampir menjadi hal yang biasa bagi para isteri keluarga Al-'Atthas.  Di setiap zaman dan tempat banyak diceritakan peristiwa ini.  Suara bersin itu umumnya terdengar pada bulan kesembilan  masa kehamilan dengan syarat suasana tenang.  Suara bersin itu terdengar oleh orang yang hamil dan orang yang berada di dekatnya. (Tajul A’ros I, hal 38-39)

    Apa hubungan Al-'Atthas dengan bin Syeikh Abubakar bin Salim.

Thalhah binti Agil bin Ahmad bin Abubakar As-Sakran mengandung tua.  Ia mulai merasakan tanda-tanda akan melahirkan.  Dari dalam perutnya ia mendengar  perdebatan.

    "Keluarlah kau," kata salah satu janin.

    "Kau saja yang keluar dahulu," kata janin yang lain.

    Janin yang satu mengutamakan janin lain.  Sebab, janin yang keluar lebih dahulu kelak akan menjadi kakak.  Dalam riwayat lain, perdebatan ini sempat membuat sang ibu khawatir.  Sebagaimana kebanyakan ibu, Thalhah menghendaki kelahiran putranya dengan cepat dan selamat.

    Akhirnya salah satu janin itu berkata, "Keluarlah lebih dahulu, nanti aku yang masyhur, tapi sesungguhnya Almasyhuur fii barokatil mastuur (yang masyhur itu ada dalam keberkahan yang tidak tidak dikenal)."

    Tak berapa lama lahirlah bayi yang kemudian diberi nama Aqil, lalu disusul adiknya yang kemudian diberi nama Abubakar.  Aqil inilah kakek keluarga Al-'Atthas, dia juga yang pertama kali bersin dan mengucap hamdalah ketika masih dalam kandungan ibunya.  Jadi, Al-'Atthas adalah kakak dari BSA (bin Syeikh Abubakar bin Salim) [Tajul A’ros juz I Hal 37-38]

Sebagaimana ucapan janin tadi, kita jarang dengar cerita tentang Habib Aqil, tapi lain halnya dengan Syeikh Abubakar.  Sejak kecil Syeikh Abubakar telah masyhur. Habib Aqil bin Salim akan menjadi seorang wali yang mastuur, tapi sebaliknya Syeikh Abubakar bin Salim, adiknya.


Kalam Al-Habib Ali bin Hasan Al-Atthas

Di antara yang menyebabkan husnul khotimah adalah pendek angan-angan, karena orang yang tidak banyak berangan-angan, akan giat beramal. Sebagian dari salaf berkata, “Siapa yang panjang angan-angannya, maka akan buruk amalannya.”

Bersabda Rasulullah saw, “Kematian adalah sesuatu yang jauh, tapi cepat kedatangannya”. Beliau juga bersabda, “Generasi pertama umat ini selamat karena zuhud dan keyakinan yang kuat kepada Allah. Sedangkan generasi akhir umat ini akan celaka karena rakus dalam mencari kemewahan dunia dan panjang angan-angan.”

Berkata Al-Imam Ali karomallahu wajhah, “Yang paling aku takutkan atas kalian adalah menuruti hawa nafsu dan panjang angan-angan.”

Adapun mengikuti hawa nafsu akan menjauhkan kita dari yang haq (kebenaran), sedangkan panjang angan-angan akan melupakan kita tentang akhirat. Barang siapa yang lupa akan akhiratnya, dia tidak akan beramal untuk akhiratnya. Dan barang siapa yang tidak beramal untuk akhirat, maka dia akan sampai di akhirat dalam keadaan rugi dan sengsara. Diterangkan dalam sebuah hadits,

“Jadilah engkau di dunia ini seperti seorang yang gharib atau orang yang numpang lewat.”

Ketika Rasulullah saw ditanya, “Siapakah, ya Rasul, orang yang beruntung?.” Beliau bersabda, “Orang yang beruntung adalah orang yang paling banyak mengingat mati dan mempersiapkannya dengan baik. Mereka itulah orang-orang yang beruntung meninggalkan dunia dengan membawa kemuliaan dan kenikmatan akhirat.”

Oleh karena itu, janganlah kalian tidur kecuali telah menulis wasiat jika kita memiliki sesuatu yang perlu kita wasiatkan, karena dikhawatirkan mati mendadak. Mati mendadak (mautul faj’ah) adalah rahmat bagi orang mukmin yang telah memiliki persiapan dan kesengsaraan bagi orang yang fajir. Hendaknya kita berusaha agar yang paling akhir kita ucapkan sebelum tidur) adalah dzikrullah dan yang pertama kita ucapkan (ketika bangun tidur) adalah dzikrullah. Insya Allah kita akan bahagia dan mati dalam keadaan husnul khotimah.

[Dikutip dari kitab Al-Qirthas, karya Al-Habib Ali bin Hasan Al-Atthas, juz II, hal 290]


Kiat Meraih Ilmu Manfaat

Meraih ilmu yang bermanfaat tidaklah mudah. Ribuan aral melintang siap menghadang. Otak brilian bukanlah jaminan. Malahan, tak sedikit orang-orang pintar yang mendalami ilmu agama bukannya mendapatkan ilmu bermanfaat, melainkan menjadi oknum-oknum ulama yang justru merongrong akidah agama.

Oleh karena itu, seorang murid yang hendak melangkahkan kakinya untuk menuntut ilmu haruslah terlebih dahulu mengetahui metode belajar yang tepat. Dalam hal ini panduan dari orang tua, para guru, atau mereka yang telah sukses sangatlah diperlukan.

Faktor utama penyebab gagalnya seseorang murid meraih ilmu Rasulullah Saw adalah metode belajar yang keliru. Salah guru, salah kitab dan kesalahan lainnya akan menyebabkan seorang murid salah jalan pula. Berikut adalah panduan tepat dalam meraih ilmu yang bermanfaat dari al-Imam Habib Ali bin Hasan al-Attas Shohib al-Masyhad.

“Ketahuilah sesungguhnya ilmu pengetahuan ibarat samudera yang tiada bertepi. Luqman al-Hakim pernah ditanya oleh puteranya, “Siapakah yang mampu menampung semua ilmu itu?” “Seluruh manusia” jawab al-Hakim. “Akan tetapi itu sebatas ilmu yang diberikan kepada manusia. Sedangkan Allah menurunkan ilmu di dunia ini dalam bagian yang sedikit saja.” Lanjutnya.

Oleh karena itu, dalam menuntut ilmu, prioritaskanlah ilmu-ilmu yang penting dan bersifat urgen. Mulailah dengan dengan mempelajari kitab-kitab ringkasan (Mukhtasar). Seperti ringkasan Abu Suja’ yang sudah diakui kualitasnya, disertai kitab Bidayatul Hidayah karya al-Ghazali, kitab al-Adzkar karya Imam an-Nawawi. Kemudian dilanjutkan dengan mempelajari kitab al-Minhaj karya an-Nawawi, disertai syarh-syarahnya juga apabila memungkinkan.

Setelah itu, pelajarilah kitab Risalah Qusyairiyah karya Syaikh Abdul Karim al-Qusyairi yang merupakan kitab pedoman bagi pengikut jalan ahlussunnah wal jama’ah. Demikian halnya kitab-kitab karya Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad. Karya-karyanya sangat bagus dan mendidik, terutama kitab an-Nashaih ad-Dinniyah. Kemudian pelajari pula kitab al-‘Awarif karya Syaikh Umar bin Muhammad as-Suhrawardi dan kita Ihya’ Ulumiddin karya Hujjatul Islam al-Ghazali.

Galilah ilmu-ilmu Al-Qur’an dan ilmu-ilmu alatnya yang akan membuatmu mengerti makna-makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Dan seandainya mampu, berusahalah menghafalkan Al-Qur’an. Karena terdapat keutamaan yang besar di dalam menghafalkannya. Rasulullah s.a.w bersabda, “Barangsiapa menghafalkan Al-Qur’an maka maqam nubuwah diturunkan ke dalam dirinya, hanya saja ia takkan pernah mendapatkan wahyu.” Bahkan Nabi Musa a.s pernah melukiskan sifat-sifat umat Nabi Muhammad s.a.w di dalam munajatnya. “kitab-kitab suci mereka ada di dalam dada mereka, sedangkan selain mereka membaca kitab suci melalui mushaf-mushaf.” Katanya. Imam Syafi’I berkata, “ apabila seseorang bersedekah dengan niat diberikan kepada qurra’ (orang yang ahli membaca Al-Qur’an), maka sedekah itu diberikan kepada orang-orang yang hafal Al-Qur’an. Dan apabila ada seseorang bersedekah dengan niat diberikan kepada orang yang paling berakal, maka sedekah itu diberikan kepada orang-orang yang berzuhud dari dunia.”

Diantara kitab-kitab tafsir yang sangat penting untuk dibaca dan dipelajari adalah tafsir karya Imam al-Husein bin Mas’ud al-Farra’ al-Baghawi. Tafsir al-Baghawi ini adalah bekal untuk menyelami lautan makna Kalamullah. Para imam Bani Alawi sangat menganjurkan para penuntut ilmu agar membaca tafsir al-Baghawi tersebut.

Jika memungkinkan, sempatkanlah diri mempelajari kitab-kitab adab seperti nahwu, lughot dan selainnya. Janganlah enggan membaca dan menelaahi kitab Maqaamaatul Hariri setelah mempelajarinya dan mendapatkan penjelasan dari seorang guru yang kompeten. Kitab tersebut menjadi referensi para salaf. Syaikh Ahmad bin ‘Ujail berkata, “Maqamatul Hariri adalah sepiring manisan. Kami telah mengambil manfaat yang sangat besar darinya.”

Bacalah pula karya al-Hariri yang lain, kitab al-Malhah. Sebagian ulama meyakini bahwa al-Hariri menyimpan sir-nya dalam kitab tersebut. Kitab ini disyarahi oleh Syaikh Abubakar bin Ali al-Qurasyi. Dan kitab mughni al-labib, karya Syaikh Jamaluddin Abdullah bin Yusuf bin Hisyam al-Anshori. Kitab mughni al-labib ini adalah kitab yang mengandung ilmu pengetahuan yang luas.

Dalam bidang sirah, bacalah kitab al-Iktifa’ karya al-Kula’i dan sirah karya Ibnu Sayid an-Nas.

Dalam bidang tarikh, bacalah kitab Mir’atul Janan wa ‘Ibratal Yaqdhan, karya Imam Abu Muhammad Abdullah bin As’ad bin Ali al-Yafi’i. dan kitab al-Khamis karya Imam Abul Hasan al-Bakrie dan kitab Thabaqat al-khawwas karya as-Syarji.

Dalam bidang hadits, bacalah kitab Shahih Bukhori dan Muslim, Sunan Abu Dawud, Turmudzi, an-Nasai, Ibnu Majah, al-Jami’ as-Shaghir karya Imam as-Suyuti dan kitab Taisiirul Wusul karya ad-Diba’i al-Yamani.

Untuk mengetahui hak-haknya Nabi Saw, bacalah kitab as-Syifa’ karya al-Qhadi ‘Iyadh. Sedangkan untuk mengetahui hak-hak keluarga Nabi Saw, bacalah kitab al-Iqdun Nabawi karya Habib Syaikh bin Abdullah al-‘Aydrus, kitab al-Jawharus Saffaf karya Syaikh al-Khatib, kitab al-Masra’ur Rawi karya sayid Muhammad bin Abubakar as-Syilli, dan kitab al-‘Ainiyah karya Habib Ahmad bin Zein al-Habsyi.

Selain kitab-kitab yang telah disebutkan, bacalah juga kumpulan-kumpulan kasidah yang dilazimi oleh para salaf. Diantaranya kasidah al-Hamaziyah dan Burdah karya Imam al-Bushiri beserta syarahnya yang ditulis oleh Syaikh Ibnu Hajar dan Imam al-Mahalli. Dan tatkala kalian mendapatkan permasalahan atau hujan yang tak kunjung diturunkan, bacalah kasidah al-Munfarijah karya Imam al-Bushiri. Maka dengan seizin Allah, segala permasalahan kalian akan mendapatkan jalan keluar dan hujan akan diturunkan.

Janganlah kalian menuntut ilmu kepada sembarangan orang. Akan tetapi carilah seorang guru (syaikh) yang memenuhi tujuh kriteria. Pertama, ilmu pengetahuannya luas. Kedua, sikapnya arif dan rendah hati. Ketiga, memiliki pemahaman yang dalam. Keempat, akhlak dan nasabnya mulia. Kelima, memiliki mata hati yang tajam. Keenam, berhati baik dan riwayat hidupnya baik. Ketujuh, memiliki mata rantai keilmuwan yang bersambung kepada rasulullah s.a.w. dan apabila ada seorang sayid (cucu nabi Saw) memenuhi tujuh kriteria tersebut , maka ia adalah seorang guru yang sempurna. Rasulullah s.a.w bersabda, “Ulama dari golongan Quraiys, ilmunya memenuhi seluruh penjuru bumi.”

Jika kalian mendapatkan seorang guru yang memenuhi kriteria di atas, maka serahkanlah diri kalian kepadanya, sandarkan semua urusan-urusanmu yang penting pada keputusannya, bersikaplah tawadhu kepadanya, jadikanlah ia sebagai perantara kalian untuk sampai kepada Allah, ambillah ijazah riwayat ilmu secara menyeluruh darinya, dapatkanlah ilbas khirqah dan talqin kalimat la ilaaha illallah darinya, ketahui dan penuhilah hak-haknya seperti yang tersebut dalam kitab Ihya’ ulumiddin karya Imam al-Ghozali dan kitab at-Tibyan karya Imam an-Nawawi.

Dan sudah sepantasnya apabila kalian menghormati guru kalian melebihi ulama-ulama yang lain. Dan janganlah sesekali menentang keputusan gurumu dalam setiap persoalan baik yang dhahir maupun yang bathin, agar kalian sampai ke tujuan. Abdullah bin Abbas berkata, “Aku menghinakan diri sewaktu menuntut ilmu, dan diriku menjadi mulia setelah meraihnya.” Bahkan ia tak malu mencium telapak kaki gurunya, Zaid bin Tsabit al-Khazraji.

Diceritakan pula bahwa kedua putera kesayangan Harun ar-Rasyid, al-Amin dan al-Makmun saling berebutan memasangkan sandal guru mereka, al-Kasa’i. sampai-sampai al-Kasa’i menengahi mereka dengan memberikan jalan keluar, yaitu masing-masing memasangkan satu sandal.

Dan janganlah lupa, apabila kalian telah mendapatkan ilmu, maka amalkanlah semampu kalian, disertai selalu memohon pertolongan kepada Allah Swt. “

https://sites.google.com/site/pustakapejaten/manaqib-biografi/habaib/al-habib-ali-bin-hasan-al-aththas-shohib-mashad

AL-HABIB AHMAD AL-MUHDHAR

KISAH AL-HABIB AHMAD AL-MUHDHAR (QUWEREH, YAMAN)
Gurauannya Disukai Nabi SAW

Terik matahari memanggang kota Mekah. Masjidil Haram tengah disesaki jemaah haji. Hari itu Jumat. Seorang khatib berdiri di atas mimbar Ia membacakan sebuah khutbah yang teramat panjang. Lama sekali sang khatib berkhutbah. Jamaah tersiksa oleh sengatan siang. Maklum, saat itu bertepatan musim panas. Keringat becucuran deras. Usai khutbah, sang khatib mengimami salat. Anehnya, salat ini dilakukan dengan sangat cepat. Surat yang ia pakai pun yang pendek-pendek.
Setelah salam, seorang jamaah menghampiri khatib. Namanya Habib Ahmad bin Muhammad al-Muhdor. Tangannya menggenggam sebatang tongkat. Lalu tanpa diduga, sang habib menggebuk khatib dengan tongkat sembari berkata-kata lantang, "Kamu telah membolak-balik sunnah Rasulullah SAW. Mestinya kamu meringkas khotbah dan sedikit memanjangkan salat." Khatib itu berteriak kesakitan. "Hai orang-orang, aku dipukuli seorang Hadrami...! Habib Ahmad menimpali, "Aku bukan Hadrami,” ia lalu bersenandung, Kami mengenal Batha'(sebuah daerah di Mekah) dan ia mengenal kami Bukit Shafa dan Baitullah (Ka’bah) mencintai kami.

Kota Mekah geger. Sang Amir, Muhammad bin Awan geram. Diperintahkannya polisi untuk menangkap Habib Ahmad dan menghukumnya di depan khalayak. Keresahan melanda warga Hadrami. Mereka mengkhawatirkan nasib habib tercinta itu. "Tak usah khawatir! Ibundaku, Khadijah binti Khuwailid, selalu bersamaku," ujar Habib Ahmad menenangkan. "Aku akan berlindung di tempatnya." lanjutnya.
Saat itu juga ia bergegas ke kubah Sayidah Khadijah ra, istri mulia Baginda Nabi SAW. Sepasukan polisi mengejar di belakangnya. Sesampai di depan kubah, peristiwa ajaib terjadi, pintu kubah... terbuka dengan sendirinya. Habib Ahmad masuk, dan pintu itu tertutup kembali. Para polisi berusaha membuka, namun tak kuasa.

Mereka menemui juru kunci kubah dan meminta kunci. Namun ia enggan menyerahkan. "Takkan ku­berikan kunci ini kepada siapa pun." Akhirnya dengan luapan amarah, mereka mengambil secara paksa. Berbekal kunci itu, mereka berhasil membuka pintu kubah. Tapi ajaib, Habib Ahmad tak kelihatan batang hidungnya. Mereka mencari-cari, namun hasilnya nihil, ia seperti raib di perut bumi.
Para abdi praja itu akhirnya menyerah. Mereka melapor pada Muh. B. Awan perihal kejadian luar biasa itu. Ia merasa takjub. la kemudian menanyai warga Hadrami mengenai siapa sebenarnya Habib Ahmad. Ketakjubannya kian membumbung kala mengetahui kesejatian sosok habib yang alim itu.
Penguasa Mekah itu kemudian mengadakan jamuan istimewa untuk Habib Ahmad sebagai tanda maaf. Sang Habib menyambut hangat. Di tengah jamuan itu, Muh. B. Awan membujuk Habib Ahmad agar bersedia menetap di Mekah. Habib Ahmad tidak langsung menjawab ya ataupun tidak. "Aku tanyakan dulu kepada ibundaku, Khadijah Al-Kubra." katanya. Beberapa hari kemudian, ia mendatangi Syarif dan memberi kabar, "Maaf Amir, Ibunda Khadijah menghendaki aku untuk kembali ke Quwereh." Peristiwa itu terjadi pada musim haji tahun 1250 Hijriyah.

HAFAL QUR’AN
Habib Ahmad bin Muhammad bin Alwi al-Muhdor lahir di kota Rasyid, lembah Dau'an,Hadramaut (Yaman) tahun 1217 Hijriyah. Saat masih kanak -kanak, ia diboyong ayahnya ke Hara­main. Di sana ia berhasil menghafal Alquranul Karim dalam usia tujuh tahun dengan bacaan yang bagus. Ia kemudian menekuni berbagai bidang pengetahuan. Di antara guru-gurunya di Mekah adalah: Syekh Umar bin Abdurrasul al-Attar, Syekh Muhammad Sholeh ar-Rais, Syekh Ahmad as-Showi al-Mishri dan Syekh Abdur Rahman al-Kazbaniy.

Setelah bekal ilmunya lumayan mumpuni, ia mulai sering diajak mondar-mandir antara Mekah dan Hadramaut oleh ayahnya. Ketika singgah di Hadramaut, ia menyempatkan diri menimba ilmu kepada ulama-ulama besar di sana, seperti Habib Hasan bin Sholeh al-Bahr, Habib Abu Bakar bin Abdullah al-Attas, Habib Abmad bin Umar bin Sumaith, Habib Abdullah bin Idrus al-Barr dan Syekh Abdullah bin Ahmad Basaudan.

Menginjak usia dewasa, ia memutuskan kembali ke kota Rasyid. Ia menempati rumah salah satu paman dari pihak ibunya yang merupakan keluarga besar marga Bazar'ah. la kemudian menikah dengan seorang wanita salehah dari keluarga al-Habsyi. Dari pernikahan ini ia dikaruniai putra dan putri bernama Umar, Hamid, Hadun, Khadijah, dan lainnya.

Selanjutnya, setelah memiliki uang cukup, ia membeli sebuah rumah daerah Quwereh. Di kota itu ia menikah lagi dengan wanita dari keluarga Syekh Abu Bakar bin Salim setelah istri pertamanya meninggal dunia. Pernikahan kedua ini membuahkan beberapa putra dan putri diantaranya: Muhammad, Musthafa dan Sholeh.

Dari kota inilah, nama Habib Ahmad bin Muhammad al-Muhdor terus menjulang. Cahaya ilmu dan akhlaknya menerangi negeri Hadramaut, bahkan seluruh persada bumi. la dicintai kaum muslimin. Kalam-kalamnya mudah diterima lubuk hati. Dan tersingkaplah nubuat yang pernah ditorehkan Syekh Umar Ba makhramah.

Ya, beratus tahun sebelumnya, Syekh Umar menulis untaian syair yang mengilustrasikan sosok Habib Ahmad al-Muhdor. Dilukiskannya perangai Habib Ahmad beserta tempat-tempat yang pernah ia singgahi. Habib Hasan bin Sholeh al-Bahr, salah satu guru Habib Ahmad, ketika membaca syair itu, ia berseru kepada orang-orang sekitarnya, "Katakan kepada Ahmad al-Muhdor bahwa Syekh Bamakhramah mengajaknya bicara."

Selain berilmu tinggi, Habib Ahmad dikenal keras dalam mujahadah. Jauh hari ia telah menyiapkan liang kuburnya sendiri yang ditempatkan di sebelah masjidnya. la meluangkan waktu berbaring di liang itu setiap hari sembari membaca Alquran. Tercatat tujuh ribu kali khataman ia selesaikan di dalam kubur itu sebelum akhirnya meninggal dunia. Namun ia juga pribadi yang unik. Di balik kekhusyuannya itu ia selalu menampakkan diri sebagai sosok yang jenaka. la suka bergurau. Gurauannya bahkan kadang keterlaluan. Pernah ia menyesal dan berniat takkan bergurau lagi. Akan tetapi ia langsung ditegur Rasulullah SAW dalam mimpi agar meneruskan kebiasaannya bergurau.

Hati Habib Ahmad memiliki pertautan yang erat dengan Ummul Mukminin, Khadijah al-Kubra. la menulis kumpulan syair yang memuji ibunda Az-Zahra itu. Hikayat di atas adalah salah satu bukti. Dan akhirnya ia menyusul ibundanya itu pada tahun 1304 H, dalam usia 87 tahun. la meninggalkan beberapa putra yang shaleh. Salah satunya adalah Habib Muhammad al-Muhdor, Bondowoso, seorang ulama yang pernah meramaikan belantika dakwah di Nusantara ini. la juga meninggalkan beberapa murid yang hebat. Dian­taranya: Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi, Habib Abdurrahman bin Muhammad al-Masyhur dan Habib Idrus bin Umar al-Habsyi.


Al-‘Ârif Billâh Al-Habib Ahmad bin Syech Shahâb

Habib Ahmad adalah seorang yang alim dan banyak karomahnya. Semasa hidupnya beliau banyak menimba ilmu pengetahuan di Palembang, bahkan hingga ke Hadhramaut. Al-Habîb Ahmad banyak memilki keturunan dan beliau termasuk penghulu nasab Bin Shahâb di Palembang.

Semasa hidupnya, beliau dan Al-Habîb Umar bin Muhammad As-Seggâf termasuk orang pertama yang melakukan perluasan pembangunan Masjid Agung Palembang setelah Sultan Mahmûd Badaruddîn. Selain Masjid Agung Palembang, beliaupun turut andil dalam pembangunan Masjid Jami’ di Kecamatan Muntok, Pulau Bangka.

Beliau juga memiliki menantu-menantu yang alim diantaranya, Al-Habîb Abdullâh bin Idrûs bin Shahâb, Al-Habîb Syech bin Ali bin Shahâb, Al-Habîb Ahmad bin Hâmid Al-Bin Hâmid, Al-Habîb Ali bin Alwi bin Shahâb (Habîb Ali Jenggot Abang). Habîb Ahmad bin Syech wafat bertepatan pada bulan Sya’ban tahun 1367 H. Sedangkan rumah peninggalan beliau hingga saat ini masih terjaga rapi di Palembang.

http://ziarahkubrapalembang.wordpress.com/auliya-palembang/

AL-Habib Ahmad Al-Habsyi Shahid Syi’ib

Memancarkan Cahaya yang Menyilaukan Mata
"Sesungguhnya yang aku tusuk adalah setan yang menunggangi punggungmu,"
Suatu saat, seseorang dari keluarga Bawazir, setelah menceritakan ihwal keadaan desanya, Desa Haurah, yang selalu kekeringan, meminta Habib Ahmad AI-Habsyi agar mendoakan supaya de¬sanya tersebut dilewati banjir.

"Sekarang pulanglah ke desamu. Mereka sudah menunggu. Dan sesampaimu di sana akan ada banjir, banjir, dan banjir," kata Habib Ahmad sambil menghitung kelima jari tangannya.

“Ternyata malam itu juga kelima aliran air itu melewati desa kami, hingga aku berandai-andai jari tanganku ini lebih dari lima," kata seorang dari keluarga Bawazir tadi.
Habib Ahmad memang seorang yang doanya mustajabah. Bila ia berdoa, doanya segera menembus tujuh lapis langit.

Seperti lazimnya pada sementara kalangan waliyullah, ia juga terkadang melakukan hal-hal yang di luar nalar. Seperti suatu kali ia pemah menancapkan tombak di punggung pembantunya hingga tembus ke dada dan mencabut kembali. Namun si pembantu tidak kesakitan, apalagi tewas.

"Sesungguhnya yang aku tusuk adalah setan yang menunggangi punggungmu," kata Habib Ahmad. Konon, si pembantu itu sering digoda setan. "Aku berbuat demikian karena aku melihat  setan mengikutinya, maka aku mengusir hingga setan itu pergi.”

Namun dengan tegas dia melarang orang lain berbuat serupa maupun berbuat segala sesuatu tanpa sebab yang jelas. Cerita ini berasal dari Al-Fagih Ahmad Basyarahil.


Sosok Pecinta Ilmu
 Habib Ahmad bin Muhammad al-Habsyi dikenal sebagai sosok ulama besar dan pengayom orang-orang miskin. Dia termasuk khalifah Allah dan makhluk kepercayaan-Nya dalam memberikan manfaat kepada manusia di muka bumi ini.

 Namanya dikenal diseluruh penjuru, kedermawanan-nya sangat luas, kewaraannya sangat kuat. Ia selalu membela yang benar tanpa takut celaan. Ia juga tidak pernah bertoleransi pada kebodohan dan kezhaliman.

Nama dan nasab lengkapnya adalah Ahmad bin Muhammad bin Alwi bin Abubakar AI-Habsyi bin Ali bin Al-Faqih Ahmad bin Muhammad Asadullah bin Hasan At-Turabi bin Ali bin Sayyidina Faqih Al-Muqaddam

 Dia yang lahir di Tarim, telah hafal Al-Quran sejak kecil. Kecintaannya kepada ilmu membuatnya dekat dengan para ulama besar yang menjadi gurunya, seperti Habib
Abdurrahman Bin Syihabudin, Al-Arif Billah Abubakar bin Ali Al Kherid, Sayyid Muhammad bin Agil Al Madehij, Syaikh Abubakar bin Salim Shahib Inat.

Dengan Habib Abdullah bin Salim Maulachela, ia saling menimba ilmu. Keduanya juga berangkat ke tanah Haramain danYaman Utara untuk tujuan me¬nimba ilmu dari para ulama di sana.

Salah seorang gurunya, Al-lmam Al-Arif Billah Muhammad bin Abil Hasan Muhammad AI-Bakri, ketika melihat dirinya, menengarai, "Kelak kamu akan mendaki kedudukan demi kedudukan." Ucapan ini diartikan oleh sebagian ula¬ma sebagai "dari satu tingkatan kewalian menuju tingkatan kewalian selanjutnya.”

Selama beberapa tahun belajar di Haramain, dia dikenal sebagai pribadi yang banyak bermujahadah dalam beribadah, banyak berpuasa dan bangun malam mengikuti jejak para salafnya. Dia selalu menerapkan setiap sunnah Nabawiyah. Segala perbuatan terpuji yang ia dengar keutamaan pahalanya, segera ia terapkan. Begitu pula perkara yang dia dengar kemakruhannya, pasti ia jauhi.

Perhatiannya selalu terpaut pada nasihat ulama sufi, terutama karya Al-Faqih Umar bin Abdullah Bamakhramah. la juga mensyarahkan (menjelaskan) kitab AI-Hikam, karya Ibnu Ibad, yang menyingkap rahasia di dalamnya dan , menampakkan cahayanya.

Di antara muridnya adalah Habib Alwi bin Abdullah Alaydrus dan putranya, Habib Abubakar Al-Habsyi, dan Habib Alwi bin Muhammad Al Hadad.

Konon dia mempunyai kesukaan minum kopi dan menganjurkan orang lain untuk melakukan hal yang sama. Katanya, "Ada tiga kenikmatan yang dikhususkan bagi generasi akhir ini. Yaitu kitab Syarhul Hikam, karya Ibnu Ibad, qashidah karya AI-Faqih Umar Bamakharamah, dan minum kopi dari biji Bun."


Berperisaikan Kewibawaan
Demikian taatnya ia dalam menjalankan perintah agamanya, sampai digambarkan oleh Habib Muhammad bin Alwi Assegaf sewaktu berada di Masjidil Haram.Tiada satu masjid di muka bumi ini melainkan Habib Ahmad pernah sujud di dalamnya.”

Ia juga seorang yang sangat ketat dalam waktu. Demikian ketatnya ia memanfaatkan waktu ibadahnya sampai ia tidak mau bicara dengan orang lain dan tidak ada yang berani bicara dengannya sejak setelah shalat Subuh sampai shalat Isyraq (shalat yang biasa dikerjakan setelah terbit matahari sebelum shalat Dhuha. Tapi sebagian ulama mengatakan, shalat Isyraq sama dengan shalat Dhuha).

Kewibawaannya memancar kuat dari dalam dirinya. Suatu saat, ketika Habib Ahmad datang ke kota Dhaffar, di sana ada orang , kerasukan jin. Begitu melihat kedatangan Habib Ahmad, jin itu langsung berteriak, “ Kami menghormatimu dan kami rela keluar karena iparmu itu.” Riwayat ini berasal dari Sayyid Hasan, putra Habib Ahmad, yang mengutip pamannya, Abdullah bin Rasyi’.

Itu pula sebabnya Habib Umar bin Abdurrahman Al-Attas, ketika ditanya kenapa jarang berkumpul dengan Habib Ahmad Al-Habsyi, menjawab,”Pada dirinya terdapat pancaran cahaya yang menyilaukan mata.”

Di akhir hayatnya, Habib Ahmad, yang mendapat julukan "Sosok yang Berperisaikan Kewibawaan", tinggal di kota Husaisah, berdekatan dengan makam Habib Ahmad bin IsaAI-Muhajir, sampai wafat pada tahun 1038 H/1629 M. Putranya 15 orang dan putri 14 orang


Agar Lebih Mencintai Allah

Samnun pada usianya yang telah senja baru mengawini seorang wanita.Dalam perkawinannya itu,alhamdulillah ia dikaruniai seorang anak perempuan yang cantik dan molek.Samnun sangat menyayangi anak perempuan satu-satunya itu.

Ketika usia anaknya itu 3 tahun,suatu malam Samnun bermimpi hari kiamat telah tiba.Dilihatnya bendera masing-masing Nabi dan para Waliullah bersinar menjulang ke ufuk.Suatu barisan dari orang-orang yang mencintai Allah secara ikhlas melebihi segala-galanya.

Samnun kemudian berlari dan masuk barisan itu,tetapi tiba-tiba Malaikat menariknya keluar dari barisan.

" Aku mencintai Allah,dan ini barisan orang-orang yang mencintai-Nya.Mengapa aku dilarang masuk?"tanya Samnun.

" Anda memang termasuk orang yang mencintai Allah,tetapi setelah anda punya seorang anak,anda telah lupa kepada-Nya.Anda lebih mencintai anak daripada mencintai Allah.Nama anda telah dihapus dari barisan ini."jawab Malaikat

Mendengar jawaban itu,Samnun berdoa " Ya Allah,jika anakku menjadi penghalang diriku untuk lebih dekat dan mencintai-Mu,maka lebih baik ambil saja anakku."

Tiba-tiba Samnun terjaga dari mimpinya karena mendengar suara ribut di luar.Ketika ia keluar melihatnya,ternyata anak perempuan yang disayanginya telah terjatuh dari atap rumahnya dan tewas.

Samnun hanya terdiam dan menunduk melihat kejadian itu.
" Ternyata Allah telah mencabut sesuatu yang menjadi penghalang diriku untuk lebih mencintai-Nya," gumamnya dalam hati


Diposkan oleh Menebar Hikmah