Kamis, 24 Oktober 2013

Kyai Kasan (Sayyid Abu Bakar Alaydrus )

Salah satu riwayat menyebutkan bahwa pada zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia, salah satu pahlawan yaitu Pangeran Diponegoro memiliki pasukan yang bermarkas di Desa Ngasinan, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Pasukan tersebut dipimpin oleh seorang panglima perang bernama Tanggono Puro dengan seorang penasehat bernama Kyai Kasan Wirodikromo. 
Kyai Kasan sendiri mempunyai nama asli Sayyid Abu Bakar Alaydrus. Pasukan tersebut berhasil melakukan tugasnya yaitu memutus jalur hubungan Belanda Jawa Tengah dan Jawa Timur dari daerah Lasem hingga Pacitan walaupun hanya dalam waktu tiga hari. Oleh Pangeran Diponegoro pasukan itu diberi gelar “MALANG NEGORO”. Walaupun hanya tiga hari, namun momen tersebut menunjukkan eksistensi perjuangan rakyat Indonesia pada umumnya dan perjuangan Pangeran Diponegoro pada khususnya. Sedangkan Tanggono Puro dan Kyai Kasan dimakamkan di Desa Ngasinan, Kecamatan Padangan. Hingga saat ini masyarakat setempat menjuluki Tanggono Puro sebagai Mbah Malang Negoro.

Written By Hamba Allah
http://sobomakam.blogspot.com/2012/12/makam-mbah-malang-negoro.html

1 komentar:

  1. Assalamualaikum , saya lahir di malaysia tetapi ayah saya berketurunan jawa yg bernama muhammad hisyam bin jafar bin musripan bin kasan..jafar (kakek saya) berkahwin dengan perempuan berketurunan arab…kakek jafar , kasan tidak diketahui asal usulnya…ada pendapat lain tentang ini? Terima kasih

    BalasHapus