Kamis, 24 Oktober 2013

KH. Ahmad Mughni bin KH. Ismail

Tuan Guru KH. Ahmad Mughni bin KH. Ismail atau “Ayah Negara”  begitu panggilan akrab beliau adalah seorang ulama kharismatik yang memiliki kedudukan yang agung dan keilmuan yang tinggi disisi Allah SWT. Beliau adalah ayah dari KH. Muhammad Bakhit pengasuh pondok pesantren Nurul Muhibbin Barabai dan pemimpin Thariqat Alawiyyin. Tuan Guru KH. Ahmad Mughni lahir di Negara kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).
Sejak kecil beliau sudah dididik berbagai macam ilmu agama dan adab oleh orang tua beliau yang juga seorang ulama besar di Negara (HSS). Tidak mengherankan kalau di masa remaja beliau sudah menguasai macam-macam ilmu agama baik zhahir maupun bathin. Untuk memperdalam dan memperluas ilmu beliau juga belajar (mengaji) di Mekkah selama beberapa tahun dan sempat melaksanakan ibadah haji sebanyak tujuh kali (7X). Di Mekkah beliau belajar pada beberapa guru besar dan terkenal di antaranya adalah :
-          Syaikh Umar Hamdan Al-Mahrasi At-Tunisie
(Syaikh Umar Hamdan, atau lengkapnya Syaikh Umar bin Hamdan bin Umar bin Hamdan bin Ahmad Al-Mahrasi lahir di Jirbah, Tunisia, pada tahun 1292 H/1875 M. Wafat di Madinah pada tanggal 9 Syawwal 1368 H bertepatan dengan tanggal 4 Agustus 1949 M dan dimaqamkan di Baqi')
-          Syaikh Sayyed Muhsin Al Musawa
(Beliau adalah pendiri Madrasah Darul ‘Ulum Ad-Diniyyah Makkah. ini Nama lengkapnya Sayyed Muhsin bin Ali bin Abdurrahman Al-Musawa Al-Falimbani. Beliau lahir di kota Palembang (Sumatera Selatan) pada tahun 1323 H. dan wafat pada bulan Jumadil Akhir tahun 1354 H)
-          Habib Alwi bin Abbas Al-Maliki
(Beliau adalah ayah dari Habib Muhammad Al-Maliki Al-Hasani. Nama lengkap beliau adalah Sayyid ‘Alawi bin ‘Abbas bin ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abbas bin Muhammad al-Maliki al-Idrisi al-Hasani. Beliau dilahirkan di Makkah pada tahun 1328 H dan wafat di Makkah pula pada tanggal 25 Shafar 1391 H atau pada tahun 1971 M)
-          Syaikh Sayyed Amin Al-Kutbi
(Nama lengkapnya Muhammad Amin bin Muhammad Amin bin Muhammad Shalih bin Muhammad Husein Al-Kutbi Al-Hanafi Al-Hasani, lahir di Mekkah Al-Mukaramah tahun 1327 H. Wafat pada hari Senin 4 Muharram 1404 H dan dimakamkan di samping maqam syekh As-sayyid Alawi Al-Maliki)
-          Syaikh Hasan Al-Masyath
(Nama lengkap beliau adalah Hasan bin Muhammad bin 'Abbas bin 'Ali bin 'Abdul Wahid al-Masyath al-Makki al-Maliki. Dilahirkan di Makkah pada 3 Syawwal 1317 H dan wafat di Makkah pada hari Rabu tanggal 7 Syawwal 1399 H)

Pada tahun 1933 beliau pulang ke tanah air, atas perintah guru beliau yang mendapat kabar secara kasyaf bahwa orangtua beliau sedang sakit keras.

Sehari-harinya beliau dedikasikan hanya untuk mengajar ilmu agama dan beribadah. Selain di Barabai beliau juga pernah mengajar di beberapa tempat seperti Walangku kecamatan Labuan Amas Utara (HST) dan Penyuran Amuntai (HSU).
Beliau dikenal sangat tawadhu’, wara’ dan sangat  disiplin waktu. Selain itu masyarakat juga mengenal beliau sebagai orang yang arif dan bijak dalam menyampaikan dakwah dan nasehat kepada umat serta dermawan sehingga tidak jarang beliau mengasih uang kepada murid-murid beliau.
Pada tanggal 10 Dzul Hijjah 1414 H beliau wafat di Barabai dan dimakamkan di komplek kuburan muslimin Telaga Airmata Barabai.



Diposkan oleh Sinalinali
http://catatansinalinali.blogspot.com/2013/01/kh-ahmad-mughni-bin-kh-ismail.html

1 komentar: