Syekh muhammad bin ismail al-Yamani adalah seorang ulama’
yang masih cukup muda namun beliau sudah banyak berkiprah dalam bidang dakwah
dan pendidikan. Kesuksesan beliau dalam menempuh lika-liku kehidupan patut
untuk diteladani.
Masa Kecil Syekh Muhammad
Waktu Syekh Ahmad Barizi belajar di Makkah, Syekh Muhammad
kala itu kira-kira berumur 5 tahun. Pada masa kecilnya, beliau selalu dijaga
betul oleh Syekh Ismail hampir tiada waktu tanpa belajar dan mengaji, ketika
madrasah hukumiyah yang menjadi tempat awal beliau belajar, setiap kali
madrasah tersebut menjelang libur beliau disuruh belajar serta berguru kepada
Syekh Ahmad Barizi Muhammad Fathillah. Adapun kitab yang dikaji kepada Syekh
Ahmad Barizi adalah AL-Qur’an, Jurmiyah, Dzurrotul Yatiemah, safinatun najah,
Sullamut Taufiq, Kifayatul ’awaam, Bafadhol dan lain sebagainya.
Sejak kecil beliau memang sangat cerdas dan cekatan dalam
menyerap serta menerima ilmu. Manakala Syekh Ismail sedang bepergian, beliau
sering dibawa meskipun dalam acara kondangan dengan tujuan agar sewaktu kosong
tidak diisi dengan permainan.
Syekh Muhammad pada masa kecilnya dididik sebagaimana Syekh
Ismail dididik oleh ayahnya. Kalau beliau mengajar di madrasah Sholatiyah Syekh
Muhammad selau dibawa dan disuruh menjadi mustami’, terkadang kepada beliau
sendiri atau guru-guru besar lainnya seperti Syekh Muhammad iwadh mingkos
az-zubaedi dan syekh Abdullah Al-lahji dengan harapan agar kelak beliau dapat
berbaur dengan para ulama’ dan santri-santri senior. Syekh Muhammad sendiri
adalah saudara ketiga dari sembilan bersaudara, yang pertama Sayyidah Maryam,
kedua, sayyidah zainab, ketiga syekh Muhammad sendiri, keempat sayyidah
sa’diyah, kelima sayyid Abdur Rahman, keenam Sayyid Abdulloh, ketujuh Sayyidah
Maemunah, kedelapan Sayyidah Majiidah, terakhir sayyid Nizar. Sedangkan ibunda
beliau bernama Sayyidah Fatimah Binti Sayid Ali dari Yaman. Kira-kira pertengahan
tahun 1986,
KH. Muhammad Fathillah (ayahanda KH. Ahmad Barizi Fathillah
menunaikan ibadah haji), pada suatu malam beliau bermimpi mendengar anak kecil
membaca al-Qur’an dengan suara yang lantang dan syahdu lalu beliau mencari
sumber suara itu. Ketika beliau sampai di sumber suara tersebut, beliau melihat
anak kecil yang tak lain adalah Syekh Muhammad yang pada waktu itu umurnya
masih 10 tahun.
Konon, mimpi tersebut menandakan bahwa Syekh Muhammad kelak
akan menjadi orang besar dan masyhur. Setelah Kyai Ahmad Barizi boyong ke
Madura, beliau dikirimi kitab oleh Syekh Muhammad, yang mana kitab tersebut
berjudul ”an-Nafkhotul Anbariyah fie tibbi khoiril Bariyya” karya Sayyidah
zaenab (kakak perempuan Syekh Muhammad). Tidak lama kemudian, KH. Ahmad Barizi
megirim surat kepada Syekh Muhammad yang berisi kalimat motivasi ”Anda jangan
mengirim surat kepada saya atau menghadiahkan kitab kepada saya, terkecuali
anda bisa mengarang kitab seperti kakak perempuan anda”.
Selang beberapa tahun kemudian, kira-kira dua atau tiga
tahun setelahnya syekh Muhammad mengirim surat yang berisi kitab karangannnya
sebanyak 5 buah. Sebelum Syekh Ismail wafat, Syekh Muhammad diuji oleh beliau
untuk mengajar kitab Taqrib dan Minhaj di kediaman beliau dan dihadiri oleh
para santri senior sebagai mustami’. Diantara para mustami’ien itu diantaranya
ialah al-’Allamah Hasan I’rooqie dan beberapa ulama’ yang lain dengan tujuan
agar kelak beliau berani menghadapi ulama’-ulama’ besar
Kedekatan Syekh Muhammad dengan Syekh Ahmad Barizi
Setelah Syekh Ismail wafat, Syekh Muhammad merasa bingung
karena ditinggalkan oleh ayahandanya dan beliau pada waktu itu belum siap untuk
menggantikan posisi ayahnya. Pada suatu hari, beliau bertemu dengan KH.
Muhammad Kurdi di masjidil haram. Beliau senang dengan pertemuan itu dan
menitipkan pesan kepada KH. Muhammad Kurdi untuk disampaikan kepada Syekh Ahmad
Barizi yang ketika itu sudah berdomisili di Madura. Syekh Muhammad berpesan,
”kalau anda nanti ke Madura, sampaikan salam kepada sayyidie Ahmad Barizi, saya
memanggil beliau ke Mekkah untuk bertempat tinggal di sini, mengenai
transportasi dan sebagainya sayalah yang akan menanggung. Nanti, saya akan
menyerahkan semuanya kepada beliau dan supaya menjadi pengganti ayahanda.”
Tetapi, Syekh Ahmad Barizi tidak menjawab karena beliau tahu bahwa Syekh
Muhammad masih dalam keadaan bingung dan belum siap menggantikan ayahnya. Syekh
Ahmad Barizi bersikap seperti ini karena beliau berharap agar Syekh Muhammad
mandiri dan tidak terpaku dan bersandar kepada orang lain.
http://khoirunnada.blogspot.com/2011/01/syekh-muhammad-bin-ismail-al-yamani.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar