Abu Said Ahmad ibnu Isa Al-Kharraaz Al-Baghdadi. Ia adalah
seorang tukang sepatu. Ia sezaman dan sempat bertemu dengan Dzun Nun Al-Misri,
serta bersahabat dengan Bisyir Al-Hafi dan Sarri As-Saqathi.
Ada doktrin yang dinisbatkan kepadanya, yaitu doktrin Fana
(eterputusan dari sifat-sifat manusiawi) dan Baqa (esinambungan/keabadian dalam
Tuhan). Ia menulis sejumlah kitab, termasuk beberapa yang selamat hingga kini.
Saat wafatnya tidak diketahui dengan pasti, namun
kemungkinan antara tahun 279 H / 892 M dan 286 H / 899 M.
Abu Said dijuluki sebagai “Lidah Sufisme”. Ia mendapat
julukan itu karena belum ada seorangpun di komunitas sufi yang memiliki
kebenaran mistis sebagaimana dirinya. Ia menyusun empat ratus buku dengan tema
yang terpisah dan lepas.
Ia berasal dari Baghdad, ia sempat bertemu dengan Dzun Nun
Al-Misri dan bersahabat dengan Bisyir Al-Hafi dan Sarri As-Saqathi. Dialah
orang pertama yang berbicara tentang keadaan Fana dan Baqa dalam pengertian
mistis, merangkum keseluruhan doktrinnya dalam dua istilah tersebut.
Sejumlah ulama yang mengikuti mazhab Eksoteris (awam)
menantang seluk beluk ajarannya. Mereka mengutuknya dengan tuduhan melakukan
penghinaan terhadap Tuhan dan Agama karena sejumlah ungkapan yang mereka
temukan dalam karya-karyanya. Terutama setelah mereka mengkritik Kirab
al-Haqaiq (kitab hakikat-hakikat)-nya, khususnya satu bagian didalamnya yang
gagal mereka pahami dengan baik. Bagian itu adalah dimana Abu said mengatakan:
“Seorang hamba Allah yang telah kembali kepada Allah dan
melekatkan dirinya pada Allah, ia telah sempurna melupakan dirinya dan segala
sesuatu selain Allah, hingga jika engkau bertanya kepadanya, “Darimana Anda,
dan apa yang anda cari?” ia tidak memiliki jawaban lain kecuali Allah.”
Bagian lain dari karya Abu Said yang mengundang penentangan
adalah bagian dimana ia berkata:
“Jika salah seorang sufi itu ditanya, “Apa yang anda
inginkan?” ia menjawab, “Allah,” Jika ia berada dalam suatu keadaan dimana
seluruh bagian tubuhnya menjadi mampu berbicara, maka mereka semua akan
berkata, “Allah”. Karena seluruh anggota tubuh dan persendiannya dinaungi
cahaya Allah, hingga ia tenggelam dalam Allah. Begitu jauhnya ia mencapai
kedekatan dengan Allah, hingga disana tak ada seorang pun yang mampu berkata “Allah”.
Karena apapun yang didapat di sana, didapat dari realitas untuk realitas, dan
dari Allah untuk Allah. Karena disini dalam keadaan manusia biasa, tidak ada
yang dihasilkan dari Allah. Maka bagaimana mungkin seseorang mengatakan,
“Allah?” disinilah segala akal manusia berakhir dalam kebingungan.”
Suatu kali Abu Said mengatakan: “Setiap manusia telah diberi
pilihan antara kejauhan (al-Bu’d) dan kedekatan (al-Qurb). Aku memilih
kejauhan, karena aku tidak sanggup menanggung kedekatan. Aku diberi pilihan
antara kebijaksanaan dan kenabian. Aku memilih kebijaksanaan, karena aku tidak
sanggup menanggung beban kenabian.”
# # # #
Abu Said mengisahkan mimpi-mimpinya berikut ini:
Suatu kali aku bermimpi ada dua Malaikat turun dari Surga
dan bertanya padaku, “Apa arti kejujuran?”
Aku menjawab, “menepati janji.”
Engkau verkata benar,” kata mereka, lalu mereka kembali ke
surga.
Aku juga pernah bermimpi berjuma dengan Nabi saw. Beliau
berkata padaku, “Apakah engkau mencintaiku?”
Aku menjawab, “Maafkan aku, cintaku pada Allah telah
menyibukkanku.”
Nabi saw berkata, “Siapa yang mencintai Allah berarti
mencintaiku.”
# # # #
Pada kesempatan lain aku bermimpi bertemu dengan Iblis. Aku
mengambil tongkat untuk memukulnya. Aku mendengar sebuah suara berkata, “Ia
tidak takut pada tongkat, ia hanya takut pada cahaya yang ada dalam hatimu,”
Lalu aku berkata kepada Iblis, “Kemarilah “
Iblis menjawab, “Apa yang dapat aku lakukan padamu? Engkau
telah menolak apa yang dengannya aku menggoda manusia.”
“Apa itu?” tanyaku.
“Dunia,” jawabnya.
# # # #
Saat aku berada di Damaskus, aku kembali bermimpi bertemu
dengan Nabi saw. Beliau mendakatiku. Aku tengah membaca sebuah bait syair
sambil menepuk-nepuk dadaku dalam keadaan lapar.
Nabi saw berkata, “Keburukannya lebih besar daripada
kebaikannya.”
# # # #
Ia mempunyai dua orang anak laki-laki. Salah seorang dari
mereka telah meninggal dunia mendahuluinya. Suatu malam Abu Said bermimpi
bertemu dengan anaknya yang telah meninggal dunia itu.,
Abu Said bertanya, “Anakku, apa yang telah Allah lakukan
padamu?”
Anaknya menjawab, “Dia mendakatkanku pada-Nya dan
meninggikan derajatku.”
“Anakku, nasehatilah ayah,” Abu Said memohon.
“Ayah,” jawab anakku, “Janganlah berperasangka buruk
terhadap Allah.”
“Nasihati ayah lagi!”
“Ayah, jika aku bicara, ayah tidak akan sanggup
menanggungnya.”
“Aku memohon kepada Allah semoga Dia memberikan pertolongan
padaku,” ujar Abu Said.
“Ayah,” kata anaknya. “Jangan biarkan sehelai baju
menghalangi diri ayah dari Allah.”
Setelah mengalami mimpi itu Abu Said selama tiga puluh tahun
sisa hidupnya, ia tidak pernah mengenakan baju lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar