As-Sayyid Ja’far bin Sayyid Hasan bin Sayyid Abdul Karim bin
Sayyid Muhammad bin Sayyid Rasul al-Barzanji adalah seorang ulama besar
keturunan Nabi Muhammad Saw. dari keluarga Saadah al-Barzanji yang masyhur
berasal dari Barzanj di Iraq. Beliau dilahirkan di Kota Madinah al-Munawwarah
pada tahun 1126 H.
Leluhur Sayyid Ja'far semuanya merupakan ulama terkemuka
yang terkenal dengan ilmu dan `amal, keutamaan dan kesholehan. Prof. Dr.
al-Muhaddits al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin ‘Alwi bin ‘Abbas
al-Maliki dalam Haul Ihtifaal bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif menulis
pada halaman 99:
Al-‘Allaamah al-Muhaddits al-Musnid as-Sayyid Ja’far bin
Hasan bin Abdul Karim al-Barzanji adalah Mufti Syafi’iyyah di Kota Madinah
al-Munawwarah. Terjadi perselisihan tentang tahun kewafatannya. Sebagian ulama
menyebutkan bahwa Sayyid Ja’far meninggal pada tahun 1177 H.
Al-Imam az-Zubaidi dalam al-Mu'jam al-Mukhtash menuliskan
bahwa beliau wafat tahun 1184 H, dimana Imam az-Zubaidi pernah berjumpa dengan
beliau dan menghadiri majlis pengajiannya di Masjid Nabawi yang mulia.
Beliau adalah pengarang kitab maulid yang masyhur dan
terkenal dengan nama Maulid al-Barzanji. Sebagian ulama mengatakan bahwa nama
karangannya tersebut adalah ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar.
Maulid karangan beliau ini adalah diantara kitab maulid yang paling populer dan
paling luas tersebar ke pelosok negeri 'Arab dan Islam, baik di Timur maupun di
Barat. Bahkan banyak dari mereka yang menghafalnya.
Kandungannya merupakan khulashah (ringkasan) Sirah
Nabawiyyah yang meliputi kisah kelahiran Rasulullah Saw., diutusnya beliu Saw.
sebagai Rasul, hijrah, akhlak, peperangan hingga kewafatan beliau Rasulullah
Saw.
Kitab Maulid al-Barzanji ini telah disyarahi oleh
al-‘Allamah al-Faqih asy-Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad yang terkenal
dengan panggilan Ba’ilisy dengan kitab syarah yang dinamakan al-Qaul al-Munji
'ala Maulid al-Barzanji yang telah berulang kali dicetak di Mesir. (Beliau
Syekh Ba`ilisy adalah seorang ulama besar jebolan al-Azhar asy-Syarif,
bermazhab Maliki lagi Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau
lahir pada tahun 1217 H/1802 M dan wafat pada tahun 1299 H/1882 M. Karyanya
antara lain adalah; Hidayat al-Murid li 'Aqidat Ahl at-Tauhid, Syarh al-'Aqa’id
al-Kubra li as-Sanusi, Hasyiyah 'ala Syarhi ash-Shoghir li ad-Dardir, Minhu
al-Jalil 'ala Mukhtashar Khalil dan Hidayat as-Salik ila Aqrab al-Masalik fi
Furu` al-Fiqh al-Maliki).
Selain Syekh Ba’ilisy, ulama kita kelahiran Banten Pulau
Jawa, yang terkenal sebagai ulama dan penulis yang produktif dengan banyak
karangannya yaitu Punggawa Ulama Hijaz, an-Nawawi ats-Tsani, Syaikh Muhammad
Nawawi al-Bantani al-Jawi turut menulis syarah dari kitab Maulid al-Barzanji
yang diberi judul Madarij ash-Shu’ud ila Iktisa’ al-Buruud.
Begitu juga dari salah satu cucu Sayyid Ja'far al-Barzanji
yang bernama sama dengan kakeknya yaitu Sayyid Ja’far bin Sayyid Isma’il bin
Sayyid Zainal ‘Abidin bin Sayyid Muhammad al-Hadi bin Sayyid Zain al-Barzanji,
telah menulis syarah dari kitab Maulid al-Barzanji tersebut yang diberi judul
al-Kaukab al-Anwar ‘ala ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiy al-Azhar. Sayyid
Ja'far ini juga adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif. Beliau
juga merupakan seorang Mufti Syafi`iyyah. Karangan-karangan beliau banyak,
diantaranya; Syawahid al-Ghufran ‘ala Jaliy al-Ahzan fi Fadhail Ramadhan,
Mashabih al-Ghurar ‘ala Jaliy al-Kadar dan Taj al-Ibtihaj ‘ala Dhau’ al-Wahhaj
fi Isra’ wa al-Mi’raj. Beliau juga telah menulis sebuah manaqib yang
menceritakan perjalanan hidup dan ketinggian kakeknya Sayyid Ja'far al-Barzanji
dengan judul ar-Raudh al-‘Athar fi Manaqib as-Sayyid Ja’far.
Sayyid Ja'far al-Barzanji, selain dikenal sebagai mufti,
beliau juga menjadi khatib di Masjid Nabawi dan mengajar di masjid yang mulia
tersebut. Beliau terkenal bukan saja karena ilmu, akhlak dan takwanya, tapi
juga dengan kekeramatan dan kemakbulan doanya. Penduduk Madinah sering meminta
beliau berdoa untuk hujan pada musim-musim kemarau.
Diceritakan bahwa satu ketika di musim kemarau, di saat
beliau sedang menyampaikan khutbah Jum’at, seseorang meminta beliau beristisqa’
(memohon hujan). Maka dalam khutbahnya itu, beliau pun berdoa memohon hujan,
dengan serta merta doanya terkabul dan hujan terus turun dengan lebatnya hingga
seminggu lamanya, persis sebagaimana yang pernah terjadi pada zaman Rasulullah
Saw. Menyaksikan peristiwa tersebut, maka sebagian ulama pada zaman itu telah
memuji beliau dengan bait-bait syair yang berbunyi:
“Dahulu al-Faruuq dengan al-‘Abbas beristisqa’ memohon hujan
Dan kami dengan Ja’far pula beristisqa’ memohon hujan
Maka yang demikian itu wasilah mereka kepada Tuhan
Dan ini wasilah kami seorang Imam yang ‘arif.”
Sayyid Ja'far al-Barzanji wafat di Kota Madinah dan
dimakamkan di Jannatul Baqi’, tepatnya di sebelah bawah maqam nenek moyang
beliau dari kalangan anak-anak perempuan Rasulullah Saw.
Sungguh karya-karya Sayyid Ja'far telah membawa umat untuk
selalu mengingat Rasulullah Saw. Menjadikan umat lebih mencintai Rasulullah
Saw. Menenggelamkan umat dalam lautan rindu kepada Rasulullah Saw. Setiap kali
karangannya dibaca, sholawat dan salam selalu terlantunkan atas Baginda Nabi
Agung Muhammad Saw.
Kegigihan Sayyid Ja’far dalam Menuntut Ilmu
Semasa kecilnya beliau telah belajar al-Quran dari Syeikh
Ismail al-Yamani, dan belajar tajwid serta memperbaiki bacaan dengan Syeikh
Yusof as-Su’idi dan Syeikh Syamsuddin al-Misri.
Diantara guru-guru beliau dalam ilmu agama dan syariat
adalah:
· Sayyid Abdul
Karim Haidar al-Barzanji
· Syeikh Yusuf
al-Kurdi
· Sayyid
Athiyatullah al-Hindi.
Beliau kemudian berhijrah dan menetap di Makkah selama lima
tahun. Di sana beliau belajar kepada para ulama besar, diantaranya:
· Syeikh
Athallah ibn Ahmad al-Azhari
· Syeikh Abdul
Wahab ath-Thanthowi al-Ahmadi
· Syeikh Ahmad
al-Asybuli
Beliau juga telah mendapatkan ijazah dari para ulama besar,
diantaranya:
· Syeikh
Muhammad ath-Thoyib al-Fasi
· Sayyid
Muhammad ath-Thobari
· Syeikh
Muhammad ibn Hasan al-‘Ajimi
· Sayyid
Musthofa al-Bakri
· Syeikh
Abdullah asy-Syubrawi al-Misri
Penguasaannya dalam Ilmu Agama
Beliau banyak menguasai cabang-cabang ilmu agama diantaranya
ialah Shorof, Nahwu, Manthiq, Ma’ani, Bayan, Adab, Fiqh, Ushul Fiqh, Faraidh,
Hisab, Ushuluddin, Hadits, Ushul Hadits, Tafsir, Hikmah, Handasah, ‘Arudh,
Kalam, Lughat, Sirah, Qiraat, Suluk, Tasawwuf, Kutub Ahkam, Rijal, Mustholahul
Hadits.
Karya-karya Beliau
Karangan beliau cukup banyak diantaranya adalah:
· Al-Birr
al-‘Ajil bi Ijabat asy-Syeikh Muhammad al-Ghafil
· Jaliyat
al-Kadr bi Asmai Ashshab Sayyid al-Malaik wa al-Basyar
· Jaliyat
al-Kurb wa al-Ahadiyyin bi Asma’ Sayyid al-‘Ajam wa al-‘Arab fi Asma’
al-Badriyyin
· Al-Lujjainiy
ad-Daniy fi Manaqib asy-Syeikh Abdil Qadir al-Jailaniy
· Ar-Raudh
al-Mu’thar fi Maa Yuhaddi as-Sayyid Muhammad min al-Asy’al
· Asy-Syiqaq
al-Atrijiyyah fi Manaqib al-Asyraf al-Barzanjiyyah
· Ath-Thawali’
al-As’adiyyah min al-Mathali’ al-Masyriqiyyah
· Al-‘Ariyn li
Asma’ ash-Shabat al-Badriyyin
· Fath
ar-Rahman ‘ala Ajwibat as-Sayyid Ramdhan
· Al-Faidh
al-Lathif bi Ijabat Naib as-Sar’ asy-Syarif
· Nuhudh
al-Laits li Jawab Abi al-Ghaits
· ‘Iqd
al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar (Maulid al-Barzanji).
Kemasyhuran Beliau
Beliau telah diakui banyak kalangan dan mendapat kedudukan
yang dekat di sisi pembesar Makkah dan Madinah, serta para menteri Kerajaan
Utsmaniah. Kemasyhuran dan kehebatan beliau telah menyebar ke seluruh pelosok
dunia Islam. Karangan-karangan beliau telah
diterima dan dipuji oleh para ulama yang sezaman denganya sehingga tersebarlah tulisan-tulisan beliau di kalangan
para penuntut ilmu.
Sifat-sifat Beliau
Beliau mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih,
sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan al-Quran dan
as-Sunnah, wara’, banyak berdzikir, senantiasa bertafakkur, mendahului dalam
berbuat kebajikan, gemar bersedekah, dan sangat pemurah.
Penutup
Dari biografi singkat Sayyid Ja’far Al-Barzanji di atas,
jelaslah bagi kita bahwa beliau bukanlah orang biasa. Bahkan beliau menjabat
sebagai Mufti Madinah al-Munawwarah cukup lama yang mana hal ini menunjukkan
akan ketinggian ilmu beliau dan kesalehan beliau.
Refferensi
- Al-Kawakib al-Anwar Syarh al-Maulid an-Nabawiy, karangan
Sayyid Ja’far ibn al-Barzanji (keturunan
Sayyid Ja’far al-Barzanji) yang wafat pada tahun 1317 H/1899 M. Ditahqiq oleh Syeikh
Nada Farj Darwisy, dan disimak oleh Institut Pengkajian Akademik
Universitas al-Azhar, cetakan Markaz ibn
al-Athar li at-Turats, halaman 647-650.
- Kasyf az-Zunun ‘an Asam al-Kutub wa al-Funun, karangan
Haji Khalifah, cetakan Dar al-Fikr, Beirut, tahun 1999 M, bab jim “Ja’far”,
jilid 5, halaman 211.
- Al-Asybah wa an-Nadzair, karangan al-Imam Jalaluddin
as-Suyuthiy, cetakan ketiga Dar al-Kutub al-Ilmiah, Beirut, tahun 2005 M, jilid
2, halaman 225.
- Haul Ihtifaal bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif,
karangan Prof. Dr. al-Muhaddits al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin
‘Alwi bin ‘Abbas al-Maliki, cetakan al-Fithrah, Surabaya, halaman 99.
Diposkan oleh Majlis Arrahman
http://alhabaib.blogspot.com/search/label/Habaib
Tidak ada komentar:
Posting Komentar