Rabu, 30 Oktober 2013

Habib Ahmad Jamal bin Toha Ba'aqil

Salah satu guru dari Ust. Sis Maula Al Bilky adalah al Habib Ahmad Jamal bin Toha Ba'aqil, pengasuh pondok pesantren Anwarut Taufiq Batu Malang. Menurut Pengakuan Ust. Sis, dari Habib Jamal inilah dia banyak mengambil teladan dari cara hidup gurunya. Walaupun tidak keseluruhan, kepribadian Ust. Sis terbentuk dari cara hidup gurunya yang masih muda itu.
Habib Jamal yang kelahiran asli AREMA ini termasuk Habib muda tetapi sangat berpengaruh besar khususya di Malang raya. Walaupun kegiatan da'wahnya lintas negara, seperti di Malaysia, Timur Tegah, juga negara-negara lain, namun kegiatan mengajar di Pesantrennya ANWARUT TAUFIQ Malang tetap berjalan seperti biasa.
Beliau murid dari Habib UMAR bin HAFIDZ Tarim Yaman, karena Habib Jamal pernah belajar di Rubat Darul Musthofa.
Habib Jamal lahir di Malang, 14 Pebruari 1977. sungguh prestasi membanggakan bagi seorang habib muda tetapi sangat berpengaruh besar di mayarakat.Ia putra pasangan Habib Toha Ba'aqil dan Syarifah Suud binti Abdullah Ba'aqil yang sejak kecil kental pendidikan agama
Setelah menempuh pendidikan dasar dan menengah, Ia masuk pesantren Darut Tauhid, asuhan Syaikh Abdullah Abdun. Pada 1987, Ia berangkat ke Tarim Yama untuk belajar di Rubat Darul Musthofa, asuhan Habib Umar bin Hafidz. Setelah 6 tahun disana, pada 2002 pulang lagi Indonesia untuk menyebarkan ilmu agama.
Sebelum pulang ke Malang, Ia singgah terlebih dahulu di Surabaya, baru kemudian ke Malang tepatnya di Kota Batu, dan mendirikan Pesantren Anwarut Taufiq yang berpola mengadopsi Darul Mustofa Tarim Yaman.
Ust. Sis Maula Al Bilky, termasuk salah satu dari santri-santri yang berhidmah kepada Habib Jamal. Semoga ilmu yang diperoleh dari guru mudanya dapat bermanfaat. Allah Ya'lam....


http://zulfanioey.blogspot.com/2012/06/habib-ahmad-jamal-bin-toha-baaqil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar