Sayyid Prof. Dr. Muhammad ibn Sayyid ‘Alawi ibn Sayyid
‘Abbas ibn Sayyid ‘Abdul ‘Aziz al-Maliki al-Hasani al-Makki al-Asy’ari
asy-Syadzili (1365-1425 H / - 2004M)
lahir di Makkah pada tahun 1365 H. Pendidikan pertamanya
adalah Madrasah Al-Falah, Makkah, dimana ayah beliau Sayyid Alawi bin Abbas al
Maliki sebagai guru agama di sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai
pengajar di halaqah di Haram Makki, dekat Bab As-salam
Ayah beliau, Sayyid Alwi bin Abbas Almaliki (kelahiran Makkah
th 1328H), seorang alim ulama terkenal dan ternama di kota Makkah. Disamping
aktif dalam berdawah baik di Masjidil Haram atau di kota kota lainnya yang
berdekatan dengan kota Makkah seperti Thoif, Jeddah dll, Sayyid Alwi Almaliki
adalah seorang alim ulama yang pertama kali memberikan ceramah di radio Saudi
setelah salat Jumat dengan judul "Hadist al-Jumah". Begitu pula ayah
beliau adalah seorang Qadhi yang selalu di panggil masyarakat Makkah jika ada
perayaan pernikahan.
Selama menjalankan tugas da'wah, Sayyid Alwi bin Abbas
Almaiki selalu membawa kedua putranya Muhammad dan Abbas. Mereka berdua selalu
mendampinginya kemana saja ia pergi dan berceramah baik di Makkah atau di luar
kota Makkah. Adapun yang meneruskan perjalanan dakwah setelah wafat beliau adalah
Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki dan Sayyid Abbas selalu berurusan dengan
kemaslahatan kehidupan ayahnya.
Sebagaimana adat para Sadah dan Asyraf ahli Makkah, Sayyid
Alwi Almaliki selalu menggunakan pakaian yang berlainan dengan ulama yang
berada di sekitarnya. Beliau selalu mengenakan jubbah, serban (imamah) dan
burdah atau rida yang biasa digunakan dan dikenakan Asyraf Makkah.
Setelah wafat Sayyid Alwi Almaiki, anaknya Sayyid Muhammad
tampil sebagai penerus ayahnya. Dan sebelumnya ia selalu mendapatkan sedikit
kesulitan karena ia merasa belum siap untuk menjadi pengganti ayahnya. Maka
langkah pertama yang diambil adalah ia melanjutkan studi dan ta'limnya terlebih
dahulu. Beliau berangkat ke Kairo dan Universitas al-Azhar Assyarif merupakan
pilihanya. Setelah meraih S1, S2 dan S3 dalam fak Hadith dan Ushuluddin beliau
kembali ke Makkah untuk melanjutkan perjalanan yang telah di tempuh sang ayah.
Disamping mengajar di Masjidi Haram di halaqah, beliau diangkat sebagai dosen
di Universitas King Abdul Aziz- Jeddah dan Univesitas Ummul Qura Makkah bagian
ilmu Hadith dan Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan tugasnya sebagai dosen
di dua Universiatas tsb, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri dan memilih
mengajar di Masjidil Haram sambil menggarap untuk membuka majlis ta'lim dan
pondok di rumah beliau.
Adapun pelajaran yang di berikan baik di masjid haram atau
di rumah beliau tidak berpoin kepada ilmu tertentu seperti di Universitas. Akan
tetapi semua pelajaran yang diberikannya bisa di terima semua masyarakat baik
masyarakat awam atau terpelajar, semua bisa menerima dan semua bisa mencicipi
apa yang diberikan Sayyid Maliki. Maka dari itu beliau selalu menitik-beratkan
untuk membuat rumah yang lebih besar dan bisa menampung lebih dari 500 murid
per hari yang biasa dilakukan selepas sholat Maghrib sampai Isya di rumahnya di
Hay al Rashifah. Begitu pula setiap bulan Ramadan dan hari raya beliau selalu
menerima semua tamu dan muridnya dengan tangan terbuka tanpa memilih golongan
atau derajat. Semua di sisinya sama tamu-tamu dan murid murid, semua mendapat
penghargaan yang sama dan semua mencicipi ilmu bersama-sama.
Dari rumah beliau telah keluar ulama-ulama yang membawa
panji Rasulallah ke suluruh pelosok permukaan bumi. Di mana negara saja kita
dapatkan murid beliau, di India, Pakistan, Afrika, Eropa, Amerika, apa lagi di
Asia yang merupakan sebagai orbit dahwah sayid Muhammad Almaliki, ribuan murid
murid beliau yang bukan hanya menjadi kyai dan ulama akan tetapi tidak sedikit
dari murid2 beliau yang masuk ke dalam pemerintahan.
Di samping pengajian dan taklim yang rutin di lakukan setiap
hari pula beliau telah berusaha mendirikan pondok yang jumlah santrinya tidak
sedikit, semua berdatangan dari seluruh penjuru dunia, belajar, makan, dan
minum tanpa di pungut biaya sepeser pun bahkan beliau memberikan beasiswa
kepada para santri sebagai uang saku. Setelah beberapa tahun belajar para
santri dipulangkan ke negara-negara mereka untuk menyiarkan agama.
Sayid Muhammad Almaliki dikenal sebagai guru, pengajar dan
pendidik yang tidak beraliran keras, tidak berlebih-lebihan, dan selalu
menerima hiwar dengan hikmah dan mauidhah hasanah. Beliau ingin mengangkat
derajat dan martabat Muslimin menjadi manusia yang berperilaku baik dalam
muamalatnya kepada Allah dan kepada sesama, terhormat dalam perbuatan, tindakan
serta pikiran dan perasaannya. Beliau adalah orang cerdas dan terpelajar,
berani dan jujur serta adil dan cinta kasih terhadap sesama. Itulah ajaran
utama Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki. Beliau selalu menerima dan menghargai
pendapat orang dan menghormati orang yang tidak sealiran dengannya atau tidak
searah dengan thariqahnya.
Dalam kehidupannya beliau selalu bersabar dengan orang-orang
yang tidak bersependapat baik dengan pemikirannya atau dengan alirianya. Semua
yang berlawanan diterima dengan sabar dan usaha menjawab dengan hikmah dan
menklirkan sesuatu masalah dengan kenyataan dan dalil-dalil yang jitu bukan
dengan emosi dan pertikaian yang tidak bermutu dan berkesudahan. Beliau tahu
persis bahwa kelemahan Islam terdapat pada pertikaian para ulamanya dan ini
memang yang di inginkan musuh Islam. Sampai-sampai beliau menerima dengan rela
digeser dari kedudukannya baik di Universitas dan ta'lim beliau di masjidil
Haram. Semua ini beliau terima dengan kesabaran dan keikhlasan bahkan beliau
selalu menghormati orang orang yang tidak bersependapat dan sealiran dengannya,
semasih mereka memiliki pandangan khilaf yang bersumber dari al-Quran dan
Sunah. Adapun ulama yang telah mendapat gemblengan dari Sayyid Muhammad bin
Alwi Almaliki, mereka pintar-pintar dan terpelajar. Di samping menguasai bahasa
Arab, mereka menguasai ilmu-ilmu agama yang cukup untuk dijadikan marja' dan
reference di negara-negara mereka.
Tulisan Beliau
Di samping tugas beliau sebagai da'i, pengajar, pembibing,
dosen, penceramah dan segala bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi agama, beliau
pula seorang pujangga besar dan penulis unggul. Tidak kurang dari 100 buku yang
telah dikarangnya, semuanya beredar di seluruh dunia. Tidak sedikit dari kitab2
beliau yang beredar telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, Prancis, Urdu,
Indonesia dll.
Sayyid Muhammad merupakan seorang penulis prolifik dan telah
menghasilkan hampir seratus buah kitab. Beliau telah menulis dalam pelbagai
topik agama, undang-undang, social serta sejarah, dan kebanyakan bukunya
dianggap sebagai rujukan utama dan perintis kepada topik yang dibicarakan dan
dicadangkan sebagai buku teks di Institusi-institusi Islam di seluruh dunia.
Kita sebutkan sebahagian hasilnya dalam pelbagai bidang:
Aqidah:
Mafahim Yajib an Tusahhah
Manhaj As-salaf fi Fahm An-Nusus
At-Tahzir min at-Takfir
Huwa Allah
Qul Hazihi Sabeeli
Sharh ‘Aqidat al-‘Awam
Tafsir:
Zubdat al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an
Wa Huwa bi al-Ufuq al-‘A’la
Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ulum al-Quran
Hawl Khasa’is al-Quran
Hadith:
Al-Manhal al-Latif fi Usul al-Hadith al-Sharif
Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith
Fadl al-Muwatta wa Inayat al-Ummah al-Islamiyyah bihi
Anwar al-Masalik fi al-Muqaranah bayn Riwayat al-Muwatta
lil-Imam Malik
Sirah:
Muhammad (Sallallahu Alaihi Wasallam) al-Insan al-Kamil
Tarikh al-Hawadith wa al-Ahwal al-Nabawiyyah
‘Urf al-Ta'rif bi al-Mawlid al-Sharif
Al-Anwar al-Bahiyyah fi Isra wa M’iraj Khayr al-Bariyyah
Al-Zakha’ir al-Muhammadiyyah
Zikriyat wa Munasabat
Al-Bushra fi Manaqib al-Sayyidah Khadijah al-Kubra
Usul:
Al-Qawa‘id al-Asasiyyah fi Usul al-Fiqh
Sharh Manzumat al-Waraqat fi Usul al-Fiqh
Mafhum al-Tatawwur wa al-Tajdid fi al-Shari‘ah al-Islamiyyah
Fiqh:
Al-Risalah al-Islamiyyah Kamaluha wa Khuluduha wa ‘Alamiyyatuha
Labbayk Allahumma Labbayk
Al-Ziyarah al-Nabawiyyah bayn al-Shar‘iyyah wa al-Bid‘iyyah
Shifa’ al-Fu’ad bi Ziyarat Khayr al-‘Ibad
Hawl al-Ihtifal bi Zikra al-Mawlid al-Nabawi al-Sharif
Al-Madh al-Nabawi bayn al-Ghuluww wa al-Ijhaf
Tasawwuf:
Shawariq al-Anwar min Ad‘iyat al-Sadah al-Akhyar
Abwab al-Faraj
Al-Mukhtar min Kalam al-Akhyar
Al-Husun al-Mani‘ah
Mukhtasar Shawariq al-Anwar
Lain-lain:
Fi Rihab al-Bayt al-Haram (Sejarah Makkah)
Al-Mustashriqun Bayn al-Insaf wa al-‘Asabiyyah (Kajian
Berkaitan Orientalis)
Nazrat al-Islam ila al-Riyadah (Sukan dalam Islam)
Al-Qudwah al-Hasanah fi Manhaj al-Da‘wah ila Allah (Teknik
Dawah)
Ma La ‘Aynun Ra’at (Butiran Syurga)
Nizam al-Usrah fi al-Islam (Peraturan Keluarga Islam)
Al-Muslimun Bayn al-Waqi‘ wa al-Tajribah (Muslimun, Antara
Realiti dan Pengalaman)
Kashf al-Ghumma (Ganjaran Membantu Muslimin)
Al-Dawah al-Islahiyyah (Dakwah Pembaharuan)
Fi Sabil al-Huda wa al-Rashad (Koleksi Ucapan)
Sharaf al-Ummah al-Islamiyyah (Kemulian Ummah Islamiyyah)
Usul al-Tarbiyah al-Nabawiyyah (Metodologi Pendidikan
Nabawi)
Nur al-Nibras fi Asanid al-Jadd al-Sayyid Abbas (Kumpulan
Ijazah Datuk beliau, As-Sayyid Abbas)
Al-‘Uqud al-Lu’luiyyah fi al-Asanid al-Alawiyyah (Kumpulan
Ijazah Bapa beliau, As-Sayyid Alawi)
Al-Tali‘ al-Sa‘id al-Muntakhab min al-Musalsalat wa
al-Asanid (Kumpulan Ijazah)
Al-‘Iqd al-Farid al-Mukhtasar min al-Athbah wa al-Asanid
(Kumpulan Ijazah)
Senarai di atas merupakan antara kitab As-Sayyid Muhammad
yang telah dihasilkan dan diterbitkan. Terdapat banyak lagi kitab yang tidak
disebutkan dan juga yang belum dicetak.Kita juga tidak menyebutkan banyak
penghasilan turath yang telah dikaji, dan diterbitkan buat pertama kali, dengan
nota kaki dan komentar dari As-Sayyid Muhammad. Secara keseluruhannya,
sumbangan As-Sayyid Muhammad amat agung.Banyak hasil kerja As-Sayyid Muhammad
telah diterjemahkan ke pelbagai bahasa.
Mafahim Yujibu an-Tusahhah (Konsep-konsep yang perlu
diluruskan) adalah salah satu kitab karya Sayyid Muhammad, red.) bersinar
layaknya suatu kemilau mutiara. Inilah seorang manusia yang menantang
rekan-rekan senegaranya, kaum Salafi-Wahhabi, dan membuktikan kesalahan
doktrin-doktrin mereka dengan menggunakan sumber-sumber dalil mereka.
Untuk keberanian intelektualnya ini, Sayyid Muhammad
dikucilkan dan dituduh sebagai “seorang yang sesat”. Beliau pun dicekal dari
kedudukannya sebagai pengajar di Haram (yaitu di Masjidil Haram, Makkah, red.).
Kitab-kitab karya beliau dilarang, bahkan kedudukan beliau sebagai professor di
Umm ul-Qura pun dicabut. Beliau ditangkap dan passport-nya ditahan. Namun,
dalam menghadapi semua hal tersebut, Sayyid Muhammad sama sekali tidak
menunjukkan kepahitan dan keluh kesah. Beliau tak pernah menggunakan akal dan
intelektualitasnya dalam amarah, melainkan menyalurkannya untuk memperkuat
orang lain dengan ilmu (pengetahuan) dan tasawwuf.
Pada akhir hayatnya yang berkenaan dengan adanya kejadian
teroris di Saudi Arabia, beliau mendapatkan undangan dari ketua umum Masjidil
Haram Syeikh sholeh bin Abdurahman Alhushen untuk mengikuti "Hiwar
Fikri" di Makkah yang diadakan pada tg 5 sd 9 Dhul Q'idah 1424 H dengan
judul "Al-qhuluw wal I'tidal Ruya Manhajiyyah Syamilah", di sana
beliau mendapat kehormatan untuk mengeluarkan pendapatnya tentang thatarruf
atau yang lebih poluler disebut ajaran yang beraliran fundamentalists atau
extremist. Dan dari sana beliau telah meluncurkan sebuah buku yang sangat
popular dikalangan masyarakat Saudi yang berjudul "Alqhuluw Dairah Fil
Irhab Wa Ifsad Almujtama". Dari situ, mulailah pandangan dan pemikiran
beliau tentang da'wah selalu mendapat sambutan dan penghargaan masyarakat luas.
Pada tg 11/11/1424, beliau mendapat kesempatan untuk
memberikan ceramah di hadapan wakil raja Amir Abdullah bin Abdul Aziz yang
isinya beliau selalu menggaris-bawahi akan usaha menyatukan suara ulama dan
menjalin persatuan dan kesatuan da'wah.
Beliau wafat meninggalkan 6 putra, Ahmad, Abdullah, Alwi,
Ali, al- Hasan dan al-Husen dan beberapa putri-putri yang tidak bisa disebut
satu persatu disini .
Beliau wafat hari jumat tg 15 ramadhan 1425 dan dimakamkan
di pemakaman Al-Ma'la disamping kuburan istri Rasulallah Khadijah binti
Khuailid ra. Dan yang menyaksikan penguburan beliau seluruh umat muslimin yang
berada di Makkah pada saat itu termasuk para pejabat, ulama, para santri yang
datang dari seluruh pelosok negeri, baik dari luar Makkah atau dari luar negri.
Semuanya menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan, semua
menyaksikan janazah beliau setelah disembahyangkan di Masjidil Haram ba'da sholat
isya yang dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta manusia. Begitu pula selama
tiga hari tiga malam rumahnya terbuka bagi ribuan orang yang ingin mengucapkan
belasungkawa dan melakukan `aza'. Dan di hari terakhir `Aza, wakil Raja Saudi,
Amir Abdullah bin Abdul Aziz dan Amir Sultan datang ke rumah beliau untuk
memberikan sambutan belasungkawa dan mengucapkan selamat tinggal kepada
pemimpin agama yang tidak bisa dilupakan umat.
Semoga kita bisa meneladani beliau. Aamiin.
Sumber:
http://www.almihrab.com/
http://muslimdelft.nl/titian_ilmu/biografi/assayyid_muhammad_ibn_alawi_almaliki_pembina_calon_ulama_indonesia_3.php
http://www.asyraaf.com/v2/manaqib.php?op=2&id=15
Diposkan oleh Majlis Arrahman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar