Selasa, 08 Oktober 2013

DATU SUBAN

Pada hari ke tujuh orang besar itu, mereka berkumpul lagi di rumah Datu Taming Karsa ( singa jaya ) diSimpang Tiga Tandui Baruh Hariyung, waktu itulah Datu Suban mulai membuka kitab orang besar itu dan sekaligus memberikan nama yang cocok terhadap orang itu agar tidak sulit mengenalinya.

Dari lembaran ke lembaran Datu Suban membuka kitab itu hingga selesai ternyata kitab itu mengandung isi atau khasiat ilmu yang luar biasa dan bermacam2 ilmu, didalamnya ada ilmu yang mencakup untuk kejayaan di dunia dan ilmu untuk kebahagiaan di akhirat.

Datu Suban mulai mengajarkan dan menerangkan isinya dan masing2 Datu mengambil Pak ilmu yang cocok untuk diri mereka. Menurut riwayatnya :

  1. DATU MURAKAT yang merupakan murid tertua dan pertama mengambil ilmu andalan yaitu ilmu Kepahlawanan agar disegani orang. Sebagaimana diceritakan, apabila ada orang yang berniat jahat terhadapnya, maksud jahat orang tersebut tidak akan mengenainya, tubuhnya kebal, tidak mempan senjata yang terbuat dari besi.
  2. DATU TAMING KARSA murid yang kedua mengambil ilmu Panglima Kelasykaran yang tiada lawan kehebatannya. bergelar Singa Jaya. Mempunyai andalan ilmu pangkima kelasykaran, supaya gagah perkasa di medan perang. Ia diangkat menjadi panglima dalam beberapa peperangan saat melawan penjajah Belanda
  3. DATU NIANG THALIB murid yang ketiga mengambil ilmu Kabariat Dunia. Jika beliau menghentakkan kaki maka orang akan terkulai lemah tak berdaya dan sampai sekarang beliau masih hidup yaitu sebagai penguasa alam ghaib hutan Pulau Kadap.
  4. DATU KARIPIS murid yang keempat mengambil ilmu Kuat dan dapat berjalan diatas air, juga memiliki ilmu tahan dibakar dan kebal terhadap berbagai macam senjata.
  5. DATU GANUN murid yang kelima mengambil ilmu Kesempurnaan dan Kejayaan, dapat mengCloning diri hingga empat. mempelajari ilmu kesempurnaan dan kejayaan, dapat merubah diri menjadi empat tubuh sekaligus yang rupa dan bentuknya sama dan sulit diketahui mana tubuh yang asli.
  6. DATU ARGIH murid yang keenam mengambil ilmu Kesempurnaan dunia-akhirat.
  7. DATU UNGKU murid yang ketujuh mengambil ilmu Kabariat dunia. Dengan sekali tepuk tangan saja semua orang akan roboh tak berdaya.
  8. DATU LABAI DULIMAN murid yang kedelapan mengambil ilmu Ahli Huruf ( Ilmu Falakiyah ) perterjemah dan dapat mengetahui isi alam. punya kelebihan khusus di antara murid-murid lainnya di bidang ilmu Falakiyah (ilmu membaca dan menafsirkan huruf), ahli di bidang perbintangan dan pengetahui isi alam. Konon, ia dapat mengetahui kapan turunnya hujan, kapan jatuhnya dedaunan dari dahannya dan sebagainya.
  9. DATU HARUN murid yang kesembilan mengambil ilmu kebal. lebih cenderung mengambil ilmu dunia, seperti ilmu kebal, kuat perkasa dan badannya keras bagai besi.
  10. DATU ARSANAYA murid yang kesepuluh, mulanya suka menzalim kemudian dengan kebijakan dan didikan Datu Suban ia bertobat, dapat ilmu yang sempurna, akhirnya dia menjadi orang yang Shaleh.
  11. DATU ANGGA mengambil ilmu Kabariat Dunia semata2. mempelajari ilmu kewibawaan dan ilmu dunia, seperti kepanglimaan, kekebalan dan lainnya.
  12. DATU GALUH DIANG BULAN mengambil ilmu kecantikan atau awet muda. Beliau mempunyai keahlian untuk bamandi-mandi supaya awet muda dan cantik.
  13. DATU SANGGUL merupakan murid yang paling akhir dan terkemudian menerima ilmu. Tetapi, ilmu yang beliau dapat adalah ilmu yang paling sempurna yaitu ilmu Makrifatnya kepada Allah SWT.


 fhoto hasil ziarah sendiri

1 komentar:

  1. makasieh atas semua ilmunya,,saya senang bisa lebih tau tentang datu2 yang ada di banjar..smoga ilmu pian tambah berkah

    BalasHapus