Senin, 14 Oktober 2013

AL HABIB HASAN BIN AHMAD AL ‘ATTHOS

(Cicitnya Shohiburrotib Quthbil Anfas Al Habib ‘Umar bin ‘Abdurrohman Al ‘Atthos)


Habib Hasan bin Ahmad Al ’Atthos adalah pendiri Madrasah Al ‘Atthos Al Arobiyah Johor dan Pahang (Malaysia).

Habib Hasan Al ‘Atthos adalah keturunan generasi ke-34 dari Baginda Nabi Muhammad Saw dan daripada keturunan cucu kesayangannya Rosulullah Saw. yakni Sayyidina Husein.
Habib Hasan bin Ahmad bin Hasan bin ‘Abdullah bin Tholib bin Husein bin ‘Umar bin ‘Abdurrohman Al ‘Atthos bin Aqil bin Salim bin ‘Abdullah bin ‘Abdurrohhman bin ‘Abdullah bin ‘Abdurrohman As Seggaf bin Muhammad Mauladdawilah bin ‘Ali bin ‘Alawi bin Muhammad Al Faqih Muqoddam bin ‘Ali bin Muhammad Shohib Mirbat bin Ali Khali’ Qosam bin ‘Alawi bin Muhammad bin ‘Alawi bin ‘Ubaydillah bin Ahmad Al Muhajir bin ‘Isa Ar Rumi bin Muhammad An Naqib bin ‘Ali Al ‘Uraidi bin Ja’far As Sodiq bin Muhammad Al Baqir bin ‘Ali Zainal ‘Abidin bin Sayyidina Husein t bin Imam ‘Ali Karromallahu Wajhah dan Fatimah Az Zahro’ binti Rosulillah Saw.

Habib Hasan Al ‘Atthos adalah putra dari Habib Ahmad Al ‘Atthos. Ayah beliau adalah seorang pedagang yang berasal dari Hadhromaut yang bermigrasi ke Malaya (Asia Tenggara) di abad ke-19 dan ayahanda beliau menetap di Malaya hingga akhir hayatnya dan kemudian beliau pun di makamkan di Pahang (Malaysia).

Habib Hasan Al ’Atthos lahir pada tahun 1832 M . Ketika beliau tumbuh dewasa, beliau mengisi dengan menuntut berbagai ilmu pengetahuan Islam, Beliau belajar di Al Azhar University di Kairo Mesir dan tinggal di Mesir selama sekitar satu dekade. Seperti ayah beliau, Habib Hasan Al ‘Atthos juga seorang tokoh berpengaruh di Pahang dan berhasil mengumpulkan kekayaan melalui keterampilan kewirausahaan dan hubungan dekatnya dengan para pengusaha Pahang.

Beliau mengumpulkan harta bukanlah untuk hal pribadi akan tetapi harta tersebut digunakan untuk jalan menuju Allah SWT. Hal itu pun terbukti Habib Hasan Al ‘Atthos membiayai seluruh pendidikan agama bagi para penuntut ilmu, membangun banyak masjid dan tanah pun tak luput beliau sumbangkan untuk kuburan muslimin di Pahang, Johor dan Hadhromaut.

Beliau mendirikan sebuah sekolah Islam yang disebut Madrasah Al ‘Atthos di Pahang dan juga di Johor, Habib Hasan Al ‘Atthos pernah dianugerahi pangkat "Qarabat" (Kekerabatan) oleh Sultan Johor.

Habib Hasan Al ‘Atthos meninggal dunia pada tanggal 21 Maret 1932 M (1350 H) pada usia 100 tahun di Johor. Saat ini keturunan beliau baik itu laki-laki dan perempuan telah tersebar di seluruh Malaya yakni Malaysia dan Singapura, namun sebagian besar masih terdapat di Johor, Malaysia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar