Senin, 28 Oktober 2013

Syech Quro

Karawang berasal dari Bahasa Sunda KARAWA-AN, adalah nama suatu kesatuan wilayah danjuga nama salah satu pelabuhan yang terletak ditepi kali Citarum pada masa pemerintahan Kerajaan Pajajaran. Sebagai suatu Wilayah, Karwang sudah memegang peranan penting pada masa Pemerintahan kerajaan Tarumanegara yang berkuasa pada abad IV-VI M. Tim Arkelogi Nasional yang melakukan penelitian sejak tahun 1952 sampai sekarang, banyak menemukan peninggalan kerajaan Tarumanegara seperti bekas bangunan candi dan lain-lainnya di sekitar Desa Seragan Batu Jaya dan Desa Cibuaya. demikian juga adanya nama Patruman sebuah kampung di dekat Rengasdengklok, diduga bakas salah satu pelabuhan Tarumanegara.

Pertama kali Citarum beberapa abad yang lalu merupakan satu-satunya pilihan untuk jalur lalu lintas bagi kelancaran kegiatan perdagangan, pemerintah dan lain-lain. Kerajaan Pajajaran sebagai penerus kerajaan
Tarumanegara yang memerintah pada abad VIII untuk kepentingan yang sama.Disebutkan juga bahwa Karawang sebagai salah satu pelabuhan penting kerajaan Pajajaran, seperti halnya pelabuhan Baten, Tanggerang, Sunda Kelapa dan Bekasi. Dari Pelabuhan Karawang ramai diperdagangan barang dagangan ke pelabuhan Sunda Kelapa, seperti madu, ikan kering dan hasil pertanian yang banyak dibeli oleh para pedagang Portugis.

        Selain sebagai pelabuhan Karawang juga menjadi tampat persimpangan jalan darat dari Pakuan ibu kota krajaan Pajajaran ke Kawali (galuh). Kota yang dilewati adalah Cibarusah, Warunggede, Tangjungpura, Karawang, Cikao, Purwakarta, Sagalaherang, Sumedang, Tomo, Sindangkasih, Rajagaluh, Talaga, berakhir di Kawal

        Menurut Amir Sutaarga dalam bukunya "Prabu Siliwangi" halaman 58, jalan darat tersebut merupakan "High-way" nya kerajaan Pajajaran di masa itu. Sebab dengan adanya jalur jalan darat, dan kota-kota pelabuhan seperti Banten, Tanggerang, Sunda Kelapa, Bekasi, Karawang, maka seluruh wilayah Pajajaran terkontrol secara baik.

        Pentingnya peranan pelabuhan Karawang, bukan saja pada masa pemerintahan Pajajaran dari abad VIII sampai abad XVI  M, yakni hampir 800 tahun, akan tetapi sampai juga masapemerintahan Sulatan Agung Mataram yang telah mengangkat Bupati Karawang pertama Adipati Singaperbangsa dan Aria Wirasaba. Bahkan sampai berakhirnya masa pemerintahan kolonial Belanda dan Jepang. Pelabuhan Karawang memiliki 2 tempat penghentian.Untuk perahun yang datang dari arah Patarumanatau Laut Jawa berlabuh di Kampung Teluk Bunut.

Sedangkan untuk perahu yang datang dari arah Cikao, berlabuh di kampung Nagasari Jebug.Perahun para pedagang ini tidak mau menelusuri Kali Citarum yang melingkari kampung Poponcol. Selain jaraknya cukup jauh yaitu hampir 5 Km, juga pada masa itu airnya deras dan banyak batu cadas. Sedangkan jika berhenti di pelabuhan Kampung Teluk Bunut dan Nagasari, anatara kedua tempat berlabuh itu jfaraknya cukup dekat dan hanya memerlukan jalan penghubung sepanjang kira-kira 400 meter.

        Dengan adanya 2 pelabuhan tersebut maka akan timbul kegiatan muat bongkar, terjadinya jual beli sehingga dibutuhkan adanya pasar. Warung makanan minuman, tempat menginap bagi yang kemalaman. Sedangkan bagi petugas perwakilan pemerintah Pajajaran ada kegiatan memelihara keamanan dan ketertiban, pengawasan lalu lintas barang dan orang bepergian dan sebagainya. 
Ke Pelabuhan Karawang dengan kesibukan seperti dijelaskan itulah rombongan Syeh Quro dengan 2 perahunya itu singgah yang menurut Buku Rintisan Sejarah Masa Silam Jawa Barat terbitan tahun 1983-1984 disebut Pura Dalem. Mungkin yang dimaksud ialah kota (pura) dimana ada kegiatan petugas pemerintah di bawah kewenangan jabatan Dalem. Yang tidak lain ialah pelabuhan Karawang. Rombongan Ulama Besar ini lazimnya sangat menjunjung peraturan kota pelabuhan yang dikunjungi, sehingga aparat setempat sangat menghormatinya dan memberi izin untuk mendirikan musholla yang digunakan tempat untuk mengaji atau peasntren dan sekaligus sebagai tempat tinggal. Lokasi yang dipilih untuk keperluan itu tentu tidak begitu berjauhan dengan kegiatan pelabuhan.

Setelah beberapa waktu berada dipelabuhan Karawang, Syeh Quro menyampaikan Da'wahnya di Musholla yang dibangunnya penuh keramahan. Uraiannya tentang Agama Islam mudah dipahami, dan mudah pula untuk diamalkan, Karena Ia bersama santrinya langsung membericontoh. Pengajian Al Qur'an  memberikan daya tarik tersendiri, karena Ulama Besar ini memang seorang Qori yang merdu suaranya. Oleh karena itu setiap hari banyak penduduk setempat yang secara sukarela menyatukan masuk Islam.

        Berita tentang dakwah Syeh Quro di pelabuhan Karawang rupanya telah terdengar Prabu Angga Larang yang pernah melarang Syeh Quro melakukan kegiatan yang sama  tatkala mengunjungi pelabuhan Muara Jati Cirebon, seperti sudah disinggunkan pada bab II terdahulu. Sehingga ia segera mengirim utusan yang dipimpin oleh putera mahkota yang bernama Raden Pamanah Rasa untuk menutup Pesantren Syeh Quro. Namun ta'kala putera mahkot ini tiba ditempat tujuan, rupanya hatinya tertambat oleh alunan suara merdu pembaca ayat-ayatSuci Al Qur'an yang dikumandangkan oleh Nyi Subang Karancang.

Putar Mahkota yang setelah dilantik menjadi Raja Pajajaran bergelar Prabu Siliwangi, itu mengurungkan niatnya untuk menutup pesantren Quro, dan tanpa ragu-ragu menyatakan isi hatinya untuk memperistri Nyi Subang Karancang yang cantik itu. Lamaran tersebut rupanya diterima oleh Nyi santri dengan syarat maskawinnya harus "Bintang Saketi" yaitu simbol dari "tasbeh" yang berada di Negeri Mekah. Sumber lain menyatakan bahwa, hal itu merupakan kiasan bahwa sang Prabu harus masuk Islam, dan patuh dalam melaksanakan syariat Isalam. Selain itu, Nyi santri juga mengajukan syarat, agar anak-anak yang akan dilahirkan kelak harus ada yang menjadi Raja. Semua hal tesebut rupanya disanggupi oleh Raden Pamanah Rasa, sehingga beberapa waktu ke mudian pernikahan pun dilaksanakan, bertempat di Pesantren Quro atau Mesjid Agung sekarang dan Syeh Quro bertindak sebagai penghulunya.

        Perkawinan di musholla yang senantiasa mengAnggungkan asma Allah SWT itu memangtelah membawa hikmah yang besar. Para putera puteri yang dikandung oleh Nyi Subang Karancang yang muslimah itu, memancarkan sinar IMAN dan ISLAM bagi umat di sekitarnya. Nyi Subang Karancang sebagi isteri seorang Raja memang harus berada di Istana Pakuan Pajajaran, dengan  tetap memancarkan Cahaya Islam.
Putera pertama yang laki-laki bernama Raden Walangsungsang setelah melewati usia remaja, maka bersama adiknya yang bernama Raden Rara Santang, meninggalkan Istana Pakuan Pajajaran kemudian mendapat bimbingan dariUlama besar yang bernama Syeh Dzatul Kahfi di Paguron Islam di Cirebon. Setelah kakak beradik ini menunaikan ibadah Haji, maka RadenWalangsungsang menjadi Pangeran Cakrabuana memimpin pemerintahan Nagari Caruban Larang, Cirebon. Sedangkan Raden Rara Santang waktu di Mekah diperistri oleh Sulatan Mesir yang bernama Syarif Abdillah. Adik Raden Walangsungsang yang bungsu adalah laki-laki bernama Raden Kian Santang, pada masa dewasanya menjadi Munaligh untuk menyebarkan Agama Islam di daerah Garut.

        Adapun Raden Nyi Mas Rara Santang setelah kawin dengan Syarif Abdillah, namanya diganti menjadi Syarifah Muda'im. Dari perkawinan ini mereka dikarunai dua orang putera masing-masing bernama Syarif Hidayatullah, dan Syarif Nurullah. Setelah ayahnya meninggal dunia jabatan sultan diserahkan kepada Syarif Nurullah, sebab Syarif Hidayatullah setelah menimba ilmu Agama yang luas dari para Ulama Mekah dan Bagdad, ia bertekad untuk menjadi Mubaligh di Cirebion. Demikianlah tahun 1475 ia bersama ibunya berlayar ke Cirebon dan kedatangnya disambut dengan penuh kebahagiaan oleh Pangeran Cakrabuana atau Cakraningrat.

Setelah usia Pangeran Cakraningrat cukup tua, Syarif Hidayatullah dipercaya untuk menggantikan kedudukannya dengan gelar Susuhunan atau Sunan. Pengangkatan Syarif Hidayatullah tersebut mendapat dukungan terutama dari Raden Fatah, Pemimpin Pesantren dan Sunan Bintoro, putera Raja Majapahit Brawijaya V, yang diangkat menjadi Sulatan Kerajaan Islam Demak I. Dalam rangka pembangunan Mesjid Agung Demak, Sunan Cirebon diundang untuk menetapkan kebijaksanaan tentang penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa. Sidang para Sunan yang dikenal Wali Songo itu juga menetapkan bahwa Syarif Hidayatullah diangkat menjadi ketua atau pimpinan dari Wali Songo, dengan gelar Sunan Gunung Jati.

Dengan demikian apa yang dikatakan oleh Syeh Quro, bahwa kelak dari keturunan Raja Pajajaran ada yang menjadi Waliyullah, dan permohonan Nyi Subang Karancang perkawinannyadengan Prabu Siliwangi ada yang menjadi Raja, telah menjadi kenyataan. Sejarah juga mencatat, bahwa dengan berkembangnya kerajaan Islam yang mendapat dukungan dari Wali Songo, maka pengaruh kerajaan Majapahit dan Pajajaran semakin memudar. Bahkan pada tahun 1579 M, kerajaan Pajajaran lumpuh sama sekali akibat dikalahkan oleh Syeh Yusuf itu adalah Putera Sultan Hasanuddin atau cucu Sunan Gunung Jati, yang tidak lain masih keturunanNyi Subang Karancang dari perkawinannya dengan Prabu Siliwangi yang diselenggarakan di Mesjid Agung Karawang.

        Adapun kegiatan pesantren Quro yang lokasinya tidak jauh dari pelabuahan Karawang,rupanya kurang berkembangnya karena tidak mendapat dukungan dari pemerintah kerajaan Pajajaran. Hal tersebut rupanya dimaklumi oleh Syeh Quro, sehingga pengajian di pesantren agak dikurangi, dan kegiatan di Masjid lebih dititik beratkan pada ibadah seperti sholat berjamaah. Kemudian para santri yang telah berpengalaman disebarkan kepedesaan untuk mengajarkan Agama Islam, terutama daerah Karawang bagian Selatan seperti Pangkalan. Demikian juga kepedesaan dibagian Utara Karawang yang berpusat di Desa Pulo Kalapa dan sekitarnya. Banyak hal yang menarik dalam cara penyebarannya Agama Islam oleh Syeh Quro antara lain :

Dalam semaraknya penyebaran Agama Islam oleh Wali Songo, maka masjid yang dibangun oleh Syeh Quro, kemudian disempurnakan oleh para Ulama dan Umat Islam yang modelnya berbentuk "joglo" beratap 2 limasan, hampir menyerupai Masjid Agung Demak dan Cirebon. (Edy Rusman)

Sebelum menyampaikan ajaran Islam dibangunnya terlebih dahulu sebuah Masjid, seperti halnya yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Rosulullah SAW, sewaktu melakukan Hijrah  dari Mekah ke Madinah, maka beliau terlebih dahulu membangun Masjid Quba.

Dalam menyampaikan ajaran Islam ditempuhnya melalui pendekatan yang disebut Dakwah Bil Hikmah, sebagaimana Firman Allah dalam Al Qur'an surat XVI An Nahl ayat 125, yang artinya : "Serulah kejalan tuhanmu dengan hikmah (kebijaksanaan) dan dengan pelajaran yangbaik, dan bertukar fikiranlah dengan mereka dengan cara yang terbaik

Sebelum memulai Dakwahnya, telah disiapkan para kader penyebaran Agama Islam (Mubaligh-Mubalighoh) yang mampu berhubungan dengan masyarakat, termasuk Nyi Subang Karancang. Syeh Quro sangat memperhatikan situasi kondisi masyarakat dan sangat menghormati adat istiadat penduduk yang didatanginya.

Para Ulama dan tokoh masyarakat kebanyakan berpendapat bahwa tempat pengabdian Syeh Quro sampai akhir masanya, ialah di Desa Pulo Kalapa Kecamatan Lemah Abang.

Pengabdian Syeh Quro demgam para santri dan para Ulama generasi penerusnya adalah " menyalakan pelita Islam", sehingga sinarnya memancarkan terus di Karawang dan sekitarnya.



Diposkan oleh Edy Rusman
http://mutiara-fiqh.blogspot.com/2012/02/syech-quro-karawang.html#more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar