lahir hari Rabu, Malam Kamis tanggal 5 Bulan Syafar 1044 H
di Desa Sabir di Kota Tarim, wilayah Hadhromaut, Negeri Yaman.
Nasab
Beliau adalah seorang Imam Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin
Alwy Al-Hadad bin Muhammad bin Ahmad bin Abdullah bin Muhammad bin Alwy bin
Ahmad bin Abu Bakar Al–Thowil bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad
Al-Faqih bin Abdurrohman bin Alwy bin Muhammad Shôhib Mirbath bin Ali Khôli’
Qosam bin Alwi bin Muhammad Shôhib Shouma’ah bin Alwi bin Ubaidillah bin
Al-Muhâjir Ilallôh Ahmad bin Isa bin Muhammad An-Naqîb bin Ali Al-Uraidhi bin
Imam Jakfar Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Imam
As-Sibth Al-Husein bin Al-Imam Amirul Mukminin Ali bin Abi Tholib suami
Az-Zahro Fathimah Al-Batul binti Rosulullah Muhammad SAW.
Orang-tuanya
Sayyid Alwy bin Muhammad Al-Haddad, Ayah Syaikh Abdullah
Al-Haddad dikenal sebagai seorang yang saleh. Lahir dan tumbuh di kota Tarim,
Sayyid Alwy, sejak kecil berada di bawah asuhan ibunya Syarifah Salwa, yang
dikenal sebagai wanita ahli ma’rifah dan wilayah. Bahkan Al-Habib Abdullah bin
Alwy Al-Haddad sendiri banyak meriwayatkan kekeramatannya. Kakek Al-Haddad dari
sisi ibunya ialah Syaikh Umar bin Ahmad Al-Manfar Ba Alawy yang termasuk ulama
yang mencapai derajat ma’rifah sempurna.
Suatu hari Sayyid Alwy bin Muhammad Al-Haddad mendatangi
rumah Al-Arif Billah Syaikh Ahmad bin Muhammad Al-Habsy, pada waktu itu ia
belum berkeluarga, lalu ia meminta Syaikh Ahmad Al-Habsy mendoakannya, lalu
Syaikh Ahmad berkata kepadanya, ”Anakmu adalah anakku, di antara mereka ada
keberkahan”. Kemudian ia menikah dengan cucu Syaikh Ahmad Al-Habsy, Salma binti
Idrus bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy. Al-Habib Idrus adalah saudara dari
Al-Habib Husein bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy. Yang mana Al-Habib Husein ini
adalah kakek dari Al-Arifbillah Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein bin Ahmad
bin Muhammad Al-Habsy (Mu’alif Simtud Durror). Maka lahirlah dari pernikahan
itu Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad. Ketika Syaikh Al-Hadad lahir ayahnya
berujar, “Aku sebelumnya tidak mengerti makna tersirat yang ducapkan Syaikh
Ahmad Al-Habsy terdahulu, setelah lahirnya Abdullah, aku baru mengerti, aku
melihat pada dirinya tanda-tanda sinar Al-wilayah (kewalian)”.
Masa Kecil
Dari semenjak kecil begitu banyak perhatian yang beliau
dapatkan dari Allah. Allah menjaga pandangan beliau dari segala apa yang
diharomkan. Penglihatan lahiriah Beliau diambil oleh Allah dan diganti oleh
penglihatan batin yang jauh yang lebih kuat dan berharga. Yang mana hal itu
merupakan salah satu pendorong beliau lebih giat dan tekun dalam mencari cahaya
Allah menuntut ilmu agama.
Pada umur 4 tahun beliau terkena penyakit cacar sehingga
menyebabkannya buta. Cacat yang beliau derita telah membawa hikmah, beliau
tidak bermain sebagaimana anak kecil sebayanya, beliau habiskan waktunya dengan
menghapal Al-Quran, mujahaddah al-nafs (beribadah dengan tekun melawan hawa
nafsu) dan mencari ilmu. Sungguh sangat mengherankan seakan-akan anak kecil ini
tahu bahwa ia tidak dilahirkan untuk yang lain, tetapi untuk mengabdi kepada
Allah SWT.
Dakwahnya
Berkat ketekunan dan akhlakul karimah yang beliau miliki
pada saat usia yang sangat dini, beliau dinobatkan oleh Allah dan guru-guru
beliau sebagai da’i, yang menjadikan nama beliau harum di seluruh penjuru
wilayah Hadhromaut dan mengundang datangnya para murid yang berminat besar
dalam mencari ilmu. Mereka ini tidak datang hanya dari Hadhromaut tetapi juga
datang dari luar Hadhromaut. Mereka datang dengan tujuan menimba ilmu,
mendengar nasihat dan wejangan serta tabarukan (mencari berkah), memohon doa
dari Al-Habib Abdullah Al-Haddad. Di antara murid-murid senior Al-Habib
Abdullah Al-Haddad adalah putranya, Al-Habib Hasan bin Abdullah bin Alwy
Al-Haddad, Al-Habib Ahmad bin Zein bin Alwy bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy,
Al-Habib Ahmad bin Abdullah Ba-Faqih, Al-Habib Abdurrohman bin Abdullah
Bilfaqih, dll.
Selain mengkader pakar-pakar ilmu agama, mencetak generasi
unggulan yang diharapkan mampu melanjutkan perjuangan kakek beliau, Rosullullah
SAW, beliau juga aktif merangkum dan menyusun buku-buku nasihat dan wejangan
baik dalam bentuk kitab, koresponden (surat-menyurat) atau dalam bentuk syair
sehingga banyak buku-buku beliau yang terbit dan dicetak, dipelajari dan
diajarkan, dibaca dan dialihbahasakan, sehingga ilmu beliau benar-benar ilmu
yang bermanfaat. Tidak lupa beliau juga menyusun wirid-wirid yang dipergunakan
untuk mendekatkan diri kepada Allah dan bermanfaat untuk agama, dunia dan
akhirat, salah satunya yang agung dan terkenal adalah Rotib ini. Rotib ini
disusun oleh beliau dimalam Lailatul Qodar tahun 1071 H.
Akhlaq dan Budi Pekerti
Al-Imam Al-Haddad (rahimahullah) memiliki perwatakan badan
yang tinggi, berdada bidang, tidak terlalu gempal, berkulit putih, sangat
berhaibah dan tidak pula di wajahnya kesan mahupun parut cacar.
Wajahnya sentiasa manis dan menggembirakan orang lain di
dalam majlisnya. Ketawanya sekadar senyuman manis; apabila beliau gembira dan
girang, wajahnya bercahaya bagaikan bulan. Majlis kendalian beliau sentiasa
tenang dan penuh kehormatan sehinggakan tidak terdapat hadhirin berbicara
mahupun bergerak keterlaluan bagaikan terletak seekor burung di atas kepala
mereka.
Mereka yang menghadhiri ke majlis Al-Habib bagaikan terlupa
kehidupan dunia bahkan terkadang Si-lapar lupa hal kelaparannya; Si-sakit
hilang sakitnya; Si-demam sembuh dari demamnya. Ini dibuktikan apabila tiada
seorang pun yang yang sanggup meninggalkan majlisnya.
Al-Imam sentiasa berbicara dengan orang lain menurut kadar
akal mereka dan sentiasa memberi hak yang sesuai dengan taraf kedudukan
masing-masing. Sehinggakan apabila dikunjungi pembesar, beliau memberi haknya
sebagai pembesar; kiranya didatangi orang lemah, dilayani dengan penuh mulia
dan dijaga hatinya. Apatah lagi kepada Si-miskin.
Beliau amat mencintai para penuntut ilmu dan mereka yang
gemar kepada alam akhirat. Al-Habib tidak pernah jemu terhadap ahli-ahli
majlisnya bahkan sentiasa diutamakan mereka dengan kaseh sayang serta penuh
rahmah; tanpa melalaikan beliau dari mengingati Allah walau sedetik. Beliau
pernah menegaskan “Tiada seorang pun yang berada dimajlisku mengganguku dari
mengingati Allah”.
Majlis Al-Imam sentiasa dipenuhi dengan pembacaan
kitab-kitab yang bermanfaat, perbincangan dalam soal keagamaan sehingga para
hadhirin sama ada yang alim ataupun jahil tidak akan berbicara perkara yang
mengakibatkan dosa seperti mengumpat ataupun mencaci. Bahkan tidak terdapat
juga perbicaraan kosong yang tidak menghasilkan faedah. Apa yang ditutur
hanyalah zikir, diskusi keagamaan, nasihat untuk muslimin, serta rayuan kepada
mereka dan selainnya supaya beramal soleh. Inilah yang ditegaskan oleh beliau
“Tiada seorang pun yang patut menyoal hal keduniaan atau menyebut tentangnya
kerana yang demikian adalah tidak wajar; sewajibnya masa diperuntuk sepenuhnya
untuk akhirat sahaja. Silalah bincang perihal keduniaan dengan selain dariku.”
Al-Habib (rahimahullah) adalah contoh bagi insan dalam soal
perbicaraan mahupun amalan; mencerminkan akhlak junjungan mulia dan tabiat
Al-Muhammadiah yang mengalir dalam hidup beliau. Beliau memiliki semangat yang
tinggi dan azam yang kuat dalam hal keagamaan. Al-Imam juga sentiasa menangani
sebarang urusan dengan penuh keadilan dengan menghindari pujian atau keutamaan
dari oramg lain; bahkan beliau sentiasa mempercepatkan segala tugasnya tanpa
membuang masa. Beliau bersifat mulia dan pemurah lebih-lebih lagi di bulan Ramadhan.
Ciri inilah menyebabkan ramai orang dari pelusuk kampung sering berbuka puasa
bersama beliau di rumahnya dengan hidangan yang tidak pernah putus semata mata
mencari barakah Al-Imam.
Al-Imam menyatakan “Sesuap makanan yang dihadiahkan atau
disedekahkan mampu menolak kesengsaraan”. Katanya lagi “Kiranya ditangan kita
ada kemampuan, nescaya segala keperluan fakir miskin dipenuhi, sesungguhnya
permulaan agama ini tidak akan terdiri melainkan dengan kelemahan Muslimin”.
Beliau adalah seorang yang memiliki hati yang amat suci,
sentiasa sabar terhadap sikap buruk dari yang selainnya serta tidak pernah
merasa marah. Kalaupun ia memarahi, bukan kerana peribadi seseorang tetapi
sebab amalan mungkarnya yang telah membuat Al-Imam benar-benar marah. Inilah
yang ditegaskan oleh Al-Habib “Adapun segala kesalahan berkait dengan hak aku,
aku telah maafkan; tetapi hak Allah sesungguhnya tidak akan dimaafkan”.
Al-Imam amatlah menegah dari mendoa’ agar keburukan dilanda
orang yang menzalimi mereka. Sehingga bersama beliau terdapat seorang pembantu
yang terkadangkala melakukan kesilapan yang boleh menyebabkan kemarahan
Al-Imam. Namun beliau menahan marahnya; bahkan kepada si-Pembantu itu diberi
hadiah oleh Al-Habib untuk meredakan rasa marah beliau sehinggakan pembantunya berkata:
“alangkah baiknya jika Al-Imam sentiasa memarahiku”.
Segala pengurusan hidupnya berlandaskan sunnah; kehidupannya
penuh dengan keilmuan ditambah pula dengan sifat wara’. Apabila beliau memberi
upah dan sewa sentiasa dengan jumlah yang lebih dari asal tanpa diminta.
Kesenangannya adalah membina dan mengimarahkan masjid. Di Nuwaidarah dibinanya
masjid bernama Al-Awwabin begitu juga, Masjid Ba-Alawi di Seiyoun, Masjid
Al-Abrar di As-Sabir, Masjid Al-Fatah di Al-Hawi, Masjid Al-Abdal di Shibam,
Masjid Al-Asrar di Madudah dan banyak lagi.
Diantara sifat Al-Imam termasuk tawaadu’ (merendah diri).
Ini terselah pada kata-katanya, syair-syairnya dan tulisannya. Al-Imam pernah
mengutusi Al-Habib Ali bin Abdullah Al-Aidarus. “Doailah untuk saudaramu ini
yang lemah semoga diampuni Allah”
Wafatnya
Beliau wafat hari Senin, malam Selasa, tanggal 7 Dhul-Qo’dah
1132 H, dalam usia 98 tahun. Beliau disemayamkan di pemakaman Zambal, di Kota
Tarim, Hadhromaut, Yaman. Semoga Allah melimpahkan rohmat-Nya kepada beliau juga
kita yang ditinggalkannya.
Habib Abdullah Al Haddad dimata Para Ulama
Al-Arifbillah Quthbil Anfas Al-Imam Habib Umar bin
Abdurrohman Al-Athos ra. mengatakan, “Al-Habib Abdullah Al-Haddad ibarat
pakaian yang dilipat dan baru dibuka di zaman ini, sebab beliau termasuk orang
terdahulu, hanya saja ditunda kehidupan beliau demi kebahagiaan umat di zaman
ini (abad 12 H)”.
Al-Imam Arifbillah Al-Habib Ali bin Abdullah Al-Idrus ra.
mengatakan, “Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad adalah Sultan seluruh golongan
Ba Alawy”.
Al-Imam Arifbillah Muhammad bin Abdurrohman Madehej ra.
mengatakan, “Mutiara ucapan Al-Habib Abdullah Al-Haddad merupakan obat bagi
mereka yang mempunyai hati cemerlang sebab mutiara beliau segar dan baru,
langsung dari Allah SWT. Di zaman sekarang ini kamu jangan tertipu dengan
siapapun, walaupun kamu sudah melihat dia sudah memperlihatkan banyak melakukan
amal ibadah dan menampakkan karomah, sesungguhnya orang zaman sekarang tidak
mampu berbuat apa-apa jika mereka tidak berhubungan (kontak hati) dengan
Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebab Allah SWT telah menghibahkan kepada beliau
banyak hal yang tidak mungkin dapat diukur.”
Al-Imam Abdullah bin Ahmad Bafaqih ra. mengatakan, “Sejak
kecil Al-Habib Abdullah Al-Haddad bila matahari mulai menyising, mencari
beberapa masjid yang ada di kota Tarim untuk sholat sunnah 100 hingga 200
raka’at kemudian berdoa dan sering membaca Yasin sambil menangis. Al-Habib
Abdullah Al-Haddad telah mendapat anugrah (fath) dari Allah sejak masa
kecilnya”.
Sayyid Syaikh Al-Imam Khoir Al-Diin Al-Dzarkali ra. menyebut
Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai fadhillun min ahli Tarim (orang utama dari
Kota Tarim).
Al-Habib Muhammad bin Zein bin Smith ra. berkata, “Masa
kecil Al-Habib Abdullah Al-Haddad adalah masa kecil yang unik. Uniknya semasa
kecil beliau sudah mampu mendiskusikan masalah-masalah sufistik yang sulit
seperti mengaji dan mengkaji pemikiran Syaikh Ibnu Al-Faridh, Ibnu Aroby, Ibnu
Athoilah dan kitab-kitab Al-Ghodzali. Beliau tumbuh dari fitroh yang asli dan sempurna
dalam kemanusiaannya, wataknya dan kepribadiannya”.
Al-Habib Hasan bin Alwy bin Awudh Bahsin ra. mengatakan,
“Bahwa Allah telah mengumpulkan pada diri Al-Habib Al-Haddad syarat-syarat
Al-Quthbaniyyah.”
Al-Habib Abu Bakar bin Said Al-Jufri ra. berkata tentang
majelis Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai majelis ilmu tanpa belajar (ilmun
billa ta’alum) dan merupakan kebaikan secara menyeluruh. Dalam kesempatan yang
lain beliau mengatakan, “Aku telah berkumpul dengan lebih dari 40 Waliyullah,
tetapi aku tidak pernah menyaksikan yang seperti Al-Habib Abdullah Al-Haddad
dan tidak ada pula yang mengunggulinya, beliau adalah Nafs Rohmani, bahwa
Al-Habib Abdullah Al-Haddad adalah asal dan tiada segala sesuatu kecuali dari
dirinya.”
Seorang guru Masjidil Harom dan Nabawi, Syaikh Syihab Ahmad
al-Tanbakati ra. berkata, “Aku dulu sangat ber-ta’alluq (bergantung) kepada
Sayyidi Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani. Kadang-kadang dia tampak di hadapan
mataku. Akan tetapi setelah aku ber-intima’ (condong) kepada Al-Habib Abdullah
Al-Haddad, maka aku tidak lagi melihatnya. Kejadian ini aku sampaikan kepada
Al-Habib Abdullah Al-Haddad. Beliau berkata,’Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani di
sisi kami bagaikan ayah. Bila yang satu ghoib (tidak terlihat), maka akan
diganti dengan yang lainnya. Allah lebih mengetahui.’ Maka semenjak itu aku
ber-ta’alluq kepadanya.”
Al-Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi ra. seorang murid Al-Habib
Abdullah Al-Haddad yang mendapat mandat besar dari beliau, menyatakan
kekagumannya terhadap gurunya dengan mengatakan, ”Seandainya aku dan tuanku
Al-Habib Abdullah Al-Haddad ziaroh ke makam, kemudian beliau mengatakan kepada
orang-orang yang mati untuk bangkit dari kuburnya, pasti mereka akan bangkit
sebagai orang-orang hidup dengan izin Allah. Karena aku menyaksikan sendiri
bagaimana dia setiap hari telah mampu menghidupkan orang-orang yang bodoh dan
lupa dengan cahaya ilmu dan nasihat. Beliau adalah lauatan ilmu pengetahuan
yang tiada bertepi, yang sampai pada tingkatan Mujtahid dalam ilmu-ilmu Islam,
Iman dan Ihsan. Beliau adalah mujaddid pada ilmu-ilmu tersebut bagi penghuni
zaman ini. ”
Syaikh Abdurrohman Al-Baiti ra. pernah berziaroh bersama
Al-Habib Abdullah Al-Haddad ke makam Sayidina Al-Faqih Al-Muqoddam Muhammad bin
Ali Ba’Alawy, dalam hatinya terbetik sebuah pertanyaan ketika sedang berziaroh,
“Bila dalam sebuah majelis zikir para sufi hadir Al-Faqih Al-Muqaddam, Syaikh
Abdurrohman Asseqaff, Syaikh Umar al-Mukhdor, Syaikh Abdullah Al-Idrus, Syaikh
Abdul Qodir Al-Jailani, dan yang semisal setara dengan mereka, mana diantara
mereka yang akan berada di baris depan? Pada waktu itu guruku, Al-Habib
Abdullah Al-Haddad, menyingkap apa yang ada dibenakku, kemudian dia mengatakan,
‘Saya adalah jalan keluar bagi mereka, dan tiada seseorang yang bisa masuk
kepada mereka kecuali melaluiku.’ Setelah itu aku memahami bahwa beliau
Al-Habib Abdullah Al-Haddad, adalah dari abad 2 H, yang diakhirkan
kemunculannya oleh Allah SWT pada abad ini sebagai rohmat bagi penghuninya.”
Al-Habib Ahmad bin Umar bin Semith ra. mengatakan, “Bahwa
Allah memudahkan bagi pembaca karya-karya Al-Habib Abdullah Al-Haddad untuk
mendapat pemahaman (futuh), dan berkah membaca karyanya Allah memudahkan segala
urusannya agama, dunia dan akhirat, serta akan diberi ‘Afiat (kesejahteraan)
yang sempurna dan besar kepadanya.”
Al-Habib Thohir bin Umar Al-Hadad ra. mengatakan, “Semoga
Allah mencurahkan kebahagiaan dan kelapangan, serta rezeki yang halal, banyak
dan memudahkannya, bagi mereka yang hendak membaca karya-karya Al-Quthb Aqthob
wal Ghouts Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad ra.”
Al-Habib Umar bin Zain bin Semith ra. mengatakan bahwa
seseorang yang hidup sezaman dengan Al-Habib Abdullah Al-Haddad ra., bermukim
di Mekkah, sehari setelah Al-Habib Abdullah Al-Haddad wafat, ia memberitahukan
kepada sejumlah orang bahwa semalam beliau ra. sudah wafat. Ketika ditanya
darimana ia mengetahuinya, ia menjawab, “Tiap hari, siang dan malam, saya
melihat beliau selalu datang berthowaf mengitari Ka’bah (padahal beliau berada
di Tarim, Hadhromaut). Hari ini saya tidak melihatnya lagi, karena itulah saya
mengetahui bahwa beliau sudah wafat.”
Karya-karyanya
Beliau meninggalkan kepada umat Islam khazanah ilmu yang
banyak, yang tidak ternilai, melalui kitab-kitab dan syair-syair karangan
beliau. Antaranya ialah:
1. An-Nashaa’ih Ad-Dinniyah Wal-Washaya Al-Imaniyah.
2. Ad-Dakwah At Tammah.
3. Risalah Al-Mudzakarah Ma’al-Ikhwan Wal-Muhibbin.
4. Al Fushuul Al-Ilmiyah.
5. Al-Hikam.
6. Risalah Adab Sulukil-Murid.
7. Sabilul Iddikar.
8. Risalah Al-Mu’awanah.
9. Ittihafus-Sa’il Bi-Ajwibatil-Masa’il.
Sumber :
http://majlismajlas.blogspot.com/2006/08/hikam-al-haddad-3.html
http://www.alhawi.net/riwayat.htm
Posted in Calm
Diposkan oleh Majlis Arrahman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar