Beliau
seorang faqih yang dilahirkan di timur kota Dish, dekat daerah Hadramaut Yaman
pada tahun 1342 H. Sejak kecil beliau diasuh oleh kakeknya Muhammad bin Ibrahim
Al-Haddad atas inisiatif ayahnya, hingga beliau mencapai umur 14 tahun. Dari
kakeknya inilah beliau mendapatkan dasar-dasar ilmu Syariat Islam, dan kemudian
beliau meneruskan pendidikan nya di berbagai pondok di Hadramaut, seperti Tarim
dan Ghill Bawazir.
Masa muda
beliau dihabiskan untuk menimba ilmu agama kepada masyaykih dan ulama-ulama
besar di Yaman. Salah satu guru beliau yang paling masyhur adalah Sayyid ‘Allamah
Abdullah bin Umar As-Syathiri. Kepada Syekh inilah Sayyid Abdullah Al-Haddad
menimba ilmu syari’at di Rubat, Tarim. Karena rasa sayang seorang syekh kepada
muridnya, beliau memanggil Sayyid Abdullah Al-Haddad dengan panggilan ayahnya,
Mahfudz, dengan harapan agar Allah menjaganya dari segala penderitaan,
kesengsaraan, kesakitan, dan sebagainya. Dan semasa hidup beliau, tidak satu
pun masalah dan penderitaan yang beliau alami kecuali Allah SWT selalu
menjaganya.
Diantara
masyayikh (guru-guru) beliau yang lain adalah: Sayyid ‘Allamah Ahmad bin Muhsin
Al-Hadar, Sayyid ‘Alamah Muhammad bin Hadi As-Segaf, Sayyid ‘Alamah Abdurrahman
bin Ubaidillah As-Segaf, Sayyid ‘Alamah Ali bin Muhammad bin Yahya, Syekh Ahmad
Ba Shol’ah, Al-‘Arif Billah Sayyid ‘Alawi bin Abdullah bin Syihab, ‘Alamah
Syekh ‘Audl Ba fadhl, Sayyid Muhammmad bin Hasan ‘Aidid, Sayyid ‘Alamah Ahmad
bin Umar As-Syathiri dan masih banyak lagi masyayikh beliau yang telah mengukir
ilmu-ilmu agama dan syari’at Islam di hati Sayyid Abdullah Al-Haddad yang
nantinya sangat bermanfaat untuk banyak orang.
Perjalanan
dan petualangan beliau dalam menuntut ilmu tidak hanya berhenti di Hadramaut
saja, tapi setelah beberapa waktu beliau diangkat menjadi qodhi di Mukalla pada
tahun 1946 H, beliau meneruskan perjalanan ilmiyahnya dalam bidang perhakiman
di Universitas Khurthum fak. Syari’ah Sudan.
Setelah
kelulusan beliau pada tahun 1363 H, beliau kembali ke Mukalla dan menjadi
seorang qodhi atau hakim, hingga semua orang merasakan keadilan, amanah, dan
hikmah besar dari beliau. Keadaan ini terus berlanjut hingga pemerintah merubah
sistem hukum (syariat Islam) dengan hukum ciptaan manusia.
Selepas
menjabat seorang qodhi beliau mendirikan halaqoh-halaqoh di beberapa masjid di
Mukalla guna menyampaikan ilmu dan syari'at Islam. Di samping itu beliau selalu
membuka pintu rumahnya untuk para penuntut ilmu dan orang-orang yang bertanya
tentang masalah agama. Jadi seakan-akan rumah beliau adalah sebuah pondok agama
yang tak pernah sepi dari para santri yang menimba ilmu.
Melihat
respon positif dari para masyarakat dalam menimba ilmu, akhirnya beliau bersama
beberapa ulama di Hadramaut mendirikan beberapa kuliyyah (universitas) tarbiyah
di Hadramaut, dimulai dari Universitas Al-Ahgaff Banat dan Universitas
Hadramaut, Universitas And, Universitas Khoiriyah, dan sebagainya.
Beliau yang
dianugerahi oleh Allah SWT sifat- sifat yang luhur, mulai dari sifat ikhlas,
sabar, tawadlu', zuhud, keberanian dalam mengatakan kebenaran, rasa solidaritas
beliau yang amat tinggi, dan perhatian beliau terhadap maslahah muslimin,
beliau mendapatkan perhatian dan simpati khusus dari para masyarakat, dan
banyak orang yang telah merasakan manfaat dari ilmu beliau.
Hari-hari
yang beliau lalui semasa hidupnya tak pernah lepas dari ilmu, baik menunutut
ilmu atau menyampaikannya, di samping itu besar khidmad beliau kepada agama Islam,
para muslimin, dan orang-orang yang membutuhkan bantuan beliau. Akhirnya pada
Jum'at 13 Jumadil tahun 1417 H beliau
kembali kepangkuan Yang Mahakuasa, Allahu Robbul 'Alamiin. Banyak di
kalangan masyarakat yang merasa kehilangan seorang qodhi yang sangat arif dan
bijaksana, seorang penegak keadilan yang tak pernah takut pada apapun kecuali
pada Allah.
Namun sampai
pada saat ini kita juga bisa merasakan manfaat dari ilmu beliau melalui
buku-buku karangan beliau yang begitu banyak, antara lain:
1.Kitab
As-sunnah wal Bid'ah
2.Rof'u Satr
'an Adillatil Qonun fil Fajr
3.Risalah
fil Ba'I wa Syirou Dhahab
4.Risalatul
Islam wa Zakat
5.Risalah fi
Hukmi Mushofahatun Nisa', dan sebagainya.
Wallahu
A'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar