KETERANGAN DI ANTARA MAQAM YANG DI BAWAH ADALAH :
- H . ABDULLAH BIN H ABDUL MUTHALIB
- HJ HASANAH BINTI H ABDURRAHMAN SHIDDIQ
- H JAMALUDDIN BIN H ABDURRAHMAN
- HJ FATHIMAH BINTI H MUFTI MUHAMMAD KHALID
LOKASI WILAYAH DESA TUNGKARAN KEC MARTAPURA TIMUR DAN FHOTO HASIL ZIARAH SENDIRI
Sabtu, 30 November 2013
Syekh Abdul Wahab Bugis
Perjuangan
Dakwahnya di Tanah Banjar (1722-1786M)
Nama lengkap
ulama ini adalah Syekh Abdul Wahab Bugis al-Banjari dengan gelar
kebangsawanannya Sadenreng Bunga Wariyah. Sebagai salah satu figure sentral
dari jaringan ulama Nusantara, Syekh Abdul Wahab Bugis memiliki jasa, peranan,
dan perjuangan yang besar terhadap perkembangan dakwah, terutama di
Banjarmasin. Walau pun beliau bukan orang Banjar, tetapi ilmu, amal, dan
perjuangan hidupnya, telah dibaktikan untuk kejayaan Islam di Tanah Banjar.
Beliau dikenali sebagai salah seorang ahli daripada „Empat Serangkai‟ Ulama
Nusantara yang hidup sezaman dan mengkaji ilmu di Tanah Haramain; iaitu, Syekh
Abdul Shamad al-Palimbangi, Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, dan Syekh
Abdurrahman al-Misri al-Betawi. Setelah keempat-empat ulama ini balik ke Indonesia, Syekh Abdul Wahab
Bugis yang telah dikahwinkan dengan Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad
al-Banjari, ikut ke Banjarmasin. Di Banjarmasin, beliau yang diiktiraf sebagai
sebagai ulama besar telah berkongsi dengan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari
untuk mendakwahkan Islam di Banjarmasin. Oleh Sultan Banjar waktu itu, beliau
diangkat menjadi penasihat dan guru spiritual istana, beliau juga mengkader
umat, dan ikut membantu membuka kawasan kosong bersama-sama dengan Al-Banjari
untuk dijadikan sentral pendidikan agama. Namun, terbatasnya data-data dan
maklumat bertulis ataupun catatan-catatan tertentu yang mengungkap biografi
atau riwayat, dan tidak adanya karya tulis pasti yang ditinggalkan, menjadi
punca apabila ketokohan Syekh Abdul Wahab Bugis tidak begitu popular dikenal
oleh masyarakat Melayu dan masyarakat Banjar khasnya atau pun disinggung oleh
para sarjana dan sejarawan. Oleh itu, untuk mengenal pasti siapa beliau, patut
untuk diterokai sejarah hidup Syekh Abdul Wahab Bugis dan peranan dakwahnya di
Tanah Banjar.
Kedatangan
Abdul Wahab ke Tanah Banjar (Martapura) seiring dengan kepulangan Syekh
Muhammad Arsyad al-Banjari setelah menuntut ilmu di Mekkah dan Madinah, yakni
pada tahun 1772M. Pada saat itu yang memerintah di Kerajaan Banjar adalah
Pangeran Nata Dilaga bin Sultan Tamjidullah, sebagai wali putera mendiang
Sultan Muhammad Aliuddin Aminullah (1761-1787M), yang kemudian sejak tahun
1781-180M1 secara resmi memerintah sebagai raja Banjar dan bergelar Sultan
Tahmidullah II bin Sultan Tamjidullah
Hasil
perkawinan Abdul Wahab dengan Syarifah binti Syekh Muhammad Arsyad ini kemudian
mendapatkan dua orang anak, masing-masing bernama Fatimah dan Muhammad Yasin.
Fatimah binti Syekh Abdul Wahab Bugis kemudian dikawinkan dengan H.M. Said
Bugis dan melahirkan dua orang anak, yakni Abdul Gani dan Halimah, sedangkan
Muhammad Yasin tidak memiliki keturunan. Abdul Gani anak Fatimah kemudian kawin
dengan Saudah binti Muhammad As‟ad dan juga
melahirkan dua orang anak,
namun keduanya meninggal dunia. Sementara, Halimah pun juga tidak memiliki
keturunan
Jika Syekh
Muhammad Arsyad dan Syekh Abdus Samad al-Palimbani lebih banyak menghabiskan
waktu mereka menuntut ilmu di Kota Mekkah, maka Abdul Wahab bersama dengan sahabatnya
Syekh Abdurrahman Misri lebih banyak menghabiskan waktu mereka menuntut ilmu di
Kota Mesir. Sehingga dalam tulisan Abu Daudi, Abdul Wahab tercatat sebagai
salah seorang murid dari Syekhul Islam, Imamul Haramain Alimul Allamah Syekh
Muhammad bin Sulaiman al-Kurdi9. Itulah sebabnya ia mengiringi gurunya itu ke
Kota Madinah ketika gurunya itu hendak mengajar, mengembangkan pengetahuan
agama dan Ilmu Adab serta mengadakan pengajian umum. Di sinilah empat serangkai
kemudian bertemu dan selanjutnya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari dan Abdus
Samad al-Palimbani pun mengikuti majelis pengajian Syekh Sulaiman Kurdi, yang
kemudian memicu lahirnya tulisan Syekh Muhammad Arsyad yang berjudul “Risalah
Fatawa Sulaiman Kurdi”.
Menurut
riwayat, selama di kota Madinah, “empat serangkai” juga sempat belajar ilmu
tasawuf kepada Syekh Muhammad bin Abdul Karim Samman al-Madani, seorang ulama
besar dan Wali Quthub di Madinah, sehingga akhirnya mereka berempat mendapat
gelar dan ijazah khalifah dalam tarekat Sammaniyah Khalwatiyah
Sayangnya,
perjuangan dakwah Abdul Wahab tidak begitu panjang, ia meninggal terlebih
dahulu dan lebih muda setelah sekian lama berjuang bahu-membahu mendakwahkan
Islam bersama dengan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari. Tidak diketahui secara
pasti memang kapan tahun meninggalnya, namun diperkirakan antara tahun
1782-1790M. Tahun ini penulis dasarkan pada catatan tahun pertama kali
kedatangannya dan tahun pemindahan makamnya. Di mana semula ia dikuburkan di
pemakaman Bumi Kencana Martapura, namun oleh Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari
kemudian, bersamaan dengan pemindahan makam Tuan Bidur, Tuan Bajut (isteri dari
Syekh Muhammad Arsyad), dan Aisyah (anaknya Tuan Bajut), makamnya kemudian
dipindahkan ke desa Karangtangah (sekarang masuk wilayah Desa Tungkaran
Kecamatan Martapura) pada tahun 1793M.
pada suatu
hari pernah suatu ketika Abah Guru menembak burung dengan senapan,manakala
sampai dipadang karang tengah mendengarlah beliau akan suara zikir la ilaha
illah,maka beliau terus berjalan naik ke kampung karang tengah tengah untuk
mencari suara asal zikir itu,ternyata zikir itu berasal dari maqom tuan Guru
H.Abdullah Khotib maka langsunglah beliau berjiarah,maka pada tiap tengah malam
bulan terang lazimlah beliau berziarah ..
dan pernah
pula terjadi beliau melihat seperti lampu strongkeng terang naik ke atas
kemudian menyeberang turun dimaqom kuburan jamaah Tuan Bajut Tuan biduri
Ala’lamah Abdul Wahab Bugis dan Fatimah,dan dimaqam Ala’lamah H.Muhammad Sayyid
Wali bin Muhammad Amin dikerang tengah maka beliau istiqamah berziarah dua
maqam tersebut pada tiap2 malam tersebut itulah setengah dari karamahnya
- H. MUSYAIT WALI
- DATU MARIAM
Fhoto Hasil Ziarah Sendiri
Syekh Umar Bin Syekh Yusuf ( Datu Bajanggut )
Riwayat
singkat :
beliau
adalah orang yang ber kepribadiaan yang amat luhur, serta zuhud dan wara ..
beliau
adalah orang yang ikut serta dalam pembangun mesjid Agung Al-Karomah martapura
..
sewaktu itu
beliau bergelar Lothoh, pergilah beiau bersama 3 keluarga nya mengambil kayu
ulin beserta syeikh muhammad afif atau dikenal datu landak ..
beliau
termasuk zuriyat oleh syeikh muhammad arsyad al-banjary.
tugas beliau
sewaktu berangkat mencari kayu ulin tersebut hanya menjadi tukang pijat bagi ke
3 keluarga nya tersebut ..
jikalau
tidak khilaf beliau mempunyai 4 istri.
istri yg
tertua yaitu bertempat di pesayangan .. dan melahirkan 7 orang anak ..
lalu beliau
berpindah ke tungkaran ( kampung keramat ).
selama 3
hari beliau di tungkaran sekeluarga tiada makan, anak pun tidak berani
mempertanyakan makan apa kita hari ini. sampai di hari ke 4 anak beliau pun
memberanikan diri untuk mengatakan bahwa diri nya lapar ..
setelah itu
beliau mengambil batu, dan batu tersebut pun dimasak oleh istri beliau hingga 3
sampai 4 bulan tidak makan melainkan meminum air tanggaran batu tsb ..
baru lah
tanaman beliau berbuah seperti singkong dll ..
batu tsb pun
masih ada dan sangat banyak orang yg mencari nya
ternyata
batu dan piring cangkir beliau tsb beliau lempar ke dalam sumur yg berada di
samping makam beliau.
al-hasil
skrg banyak org yg jauh-jauh dtg hanya untuk mengambil barokah air yg ada di
dalam sumur tsb. dan ada yg tidak percaya cerita ini, lalu dia mengambil botol
dan mengambil air yg berada di sumur itu sambil berkata " jikalau benar
didalam sumur ini ada batu beliau, maka air yg ada di botol ini pasti akan
menjadi batu. "
tatkala
diangkat botol tersebut masya allah, separu air yg ada di dalam botol tersebut
menjadi batu layak nya es batu ( keras ) ..
dan ada pula
habib yg ziarah dan engambil barokah air itu dgn mengambil barokah wali dan
semoga mendapat keturunan, setelah 4 bulan istri beliau hamil ..
dan ada pula
habaib yg ziarah mengatakan " ini memang sumur org wali, jadi tergantung
innamal a'amalu binniyat saja lagi "
tentang
riwayat sumur tsb pun tidak diketahui oleh guru ramli yg menjadi petugas makam
beliau selama 4 tahun, adapun kejadian nya berawal dari orang banjar yg datang
ziarah selama 40 hari 40 malam .. sewaktu hari ke 40 org banjar tsb di temui
oleh syeikh umar yg memberi amanah agar sumur tsb dicari dan di bersihkan oleh
guru ramli ..
setelah itu
disampaikan lah amanah tsb kpd guru ramli dan langsung beliau cari bersama org
banjar itu .. setelah di pukul-pukul tanah sekitar makam, ternyata keluar air
itu ke atas hingga sekitar 2 meter lebih ..
beliau juga
mempunyai beberapa karangan perukunan yg beliau bagi sampai ke pengaron ..
di ceritakan
oleh anak beliau yg perempuan bernama jambrud yg berumur sekitar 150 thn,
menceritakan kepadaku guru ramli : " sebelum beliau wafat, beliau menabuk
lubang, betakun anak sidin, gasan apa pian menabuk lubang bah ?". beliau
menjawab " kena nyaman luh ae mun urang kada tahu xwa langsung mengubur ja
lagi "
ternyata 4
hari kemudian beliau wafat, beluman waktu siang banar sudah datangan urg dalam
pagar, telok selong, ada yg membawa kain, ada yg membawa macam-macam tu pang
.. pas 40
hari bini sidin yg ke empat buik ke log gobang, bini yg kedua kdd bisi anak,
bini yg ke tiga iya yg di sungai danau banyak bisi anak "
demikian lah
riwayat beliau ini semoga berkat riwayat singkat beliau ini, kita dimudahkan
urusan dunia dan akhirat dan mati khusnul khothimah ..
Aamiin.
FHOTO HASIL ZIARAH SENDIRI
Syekh Aminullah ( Datu Bagul )
Tak banyak riwayat yang bisa kita kupas dari seorang
waliullah yang bernama Syaikh Aminullah atau Datu Bagul ini. Hanya saja,
berdasarkan kisah yang disampaikan Paman Fauzan, seorang penjaga makam Datu
Bagul di Desa Tungkaran, Martapura, Datu Bagul wafat kira-kira 287 tahun yang
lalu, atau lebih dahulu ketimbang Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary atau Datu
Kalampayan (wafat 200-an tahun lalu).
Jika diperkirakan bahwa beliau wafat sekitar 287 tahun lalu,
maka diperkirakan, tahun beliau wafat adalah 1726. Wallahu a'lam. Menurut Paman
Fauzan, warga Desa Tungkaran, Datu Bagul adalah yang mula-mula mendiami kawasan
Tungkaran tersebut yang dulunya adalah kawasan hutan dan berdataran tinggi,
alias bebas banjir ketimbang kawasan langganan banjir lainnya seperti Tunggul
Irang, Pingaran, Astambul, Dalam Pagar dan lain-lain di pesisir Sungai
Martapura.
Dikatakannya, berdasarkan kisah yang disampaikan Syaikh
Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, Datu Bagul sebenarnya
bernama asli Syaikh Aminullah, berasal dari Persia, Timur Tengah. "Guru
Sekumpul mengetahui nama asli beliau, ketika Guru Sekumpul sering berkhalwat di
makam ini puluhan tahun lalu. Bahkan, Datu Bagul sendiri yang memberitahukan
nama asli beliau kepada Guru Sekumpul, di mana ketika itu, Guru Sekumpul secara
kasyaf bisa bertemu bahkan berangkulan dengan Syaikh Aminullah sebagai sesama
waliullah," beber Paman Fauzan.
Datu Bagul menurut Guru Sekumpul adalah seorang habaib, atau
masih keturunan Rasulullah SAW dari anaknya Siti Fatimah yang berkawin dengan
Sayyidina Ali RA. "Menurut Guru Sekumpul, beliau sangat alim. Bahkan,
sejarahnya tak banyak dikisahkan Guru Sekumpul. Kata Guru Sekumpul, Datu Bagul
itu hanyalah gelaran dari penduduk setempat, yang sebenarnya nama asli beliau
adalah Syaikh Aminullah, berasal dari Persia dan masih keturunan Rasulullah
SAW," ungkapnya.
Paman Fauzan menceritakan, dari riwayat yang ia himpun dari
cerita para tetuha, Syaikh Aminullah memang sudah diperintahkan Rasulullah SAW
untuk hijrah dari Persia ke Tanah Banjar yang kala itu di bawah kekuasaan
Kesultanan Banjar. "Beliau datang semata-mata untuk mensyiarkan agama
Islam. Konon, beliau menggunakan sebuah kapal yang cukup besar, lengkap dengan
barang-barang dagangannya. Selain berdagang, beliau memberikan pengajaran agama
Islam kepada penduduk Banjar," jelasnya.
Sehingga suatu masa tibalah bagi Syaikh Aminullah berkhalwat
di tengah hutan. Kapal dagangnya pun disandarkan di tepi bukit. "Di
sebelah belakang makam ini, dulunya adalah danau yang luas dan dalam, sehingga
kapal bisa masuk dari arah Sungai Martapura. Seiring waktu, kapal itu tenggelam
atau bagaimana saya kurang mengerti. Namun, menurut para ulama yang kasyaf,
memang di kawasan ini banyak khazanah-khazanah di dalam perut buminya, baik
berupa intan maupun emas batangan, wallahu a'lam," kisahnya. Hanya saja,
khazanah itu masih ghaib, dan suatu masa kelak, khazanah itu akan keluar dengan
sendirinya ke permukaan. "Menurut para tetuha, intan akan keluar dari
perut bumi, layaknya batu-batu kerikil. Meski banyak di ditemukan, namun intan
sudah tak terlalu berharga. Di zaman itu, semua orang kaya-kaya," beber
Paman Fauzan dengan tertawa.
Hanya saja, memang ada yang berdasarkan petunjuk Datu Bagul,
mendulang intan di kawasan seputar makam itu, dan memang ada ditemukan beberapa
butir intan.
Memang sebelum tahun 1975, untuk ke Tungkaran, warga
Pekauman, Dalam Pagar atau Kampung Kramat, dan juga Keraton, mesti naik jukung.
Barulah setelah itu ada jalan rintisan seiring program ABRI Masuk Desa. Bahkan,
dahulu, Guru Sekumpul hobi berburu burung ke kawasan ini, sehingga untuk menuju
Tungkaran yang dulunya dikenal Karang Tengah, Guru Sekumpul naik perahu.
Setelah sekian lama berkhalwat di tengah hutan di dalam
pondokannya, Datu Bagul wafat. Oleh penduduk setempat, beliau dimakamkan di
halaman pondokan beliau sendiri. Lokasi makam ini dulunya bernama Murung Binjai
atau Murung Nangka. "Jadi, makam beliau sekarang ini, dulunya halaman
pondok beliau. Beliau tak memiliki istri dan juga anak," ungkapnya.
Paman Fauzan sendiri mengaku dipercayakan oleh Julak Kasim
menjaga makam Datu Bagul. Menurutnya, Julak Kasim yang baru beberapa tahun lalu
wafat, cukup dekat dengan Guru Sekumpul dan kalangan habaib.
Kubah menurut cerita dibina oleh Guru Sekumpul sekitar tahun
1980-an, sementara mushalla di lokasi tersebut menurut cerita dibina oleh H
Harun, seorang sudagar asal Pesayangan, Martapura. Bahkan, kebun karet yang ada
sekarang, dimiliki beliau yang kemudian diwariskan kepada anaknya, H Ijai. .
"Dikisahkan, H Harun sempat khawatir, bangunan mushalla
di samping makam yang dibangunnya mubazir, karena memang jauh dari pemukiman
penduduk. Lalu beliau meminta Guru Idris untuk menanyakan soal tersebut ke Guru
Sekumpul. Belum lagi Guru Idris berkata, Guru Sekumpul sudah mengatakan bahwa
mushalla tersebut kelak akan berguna. Guru Sekumpul berkata, 'Belum lagi atap
mushalla itu ada, aku sudah sembahyang di situ'," kisahnya.
Sebelum tahun 2005, jalan dari Sungai Sipai ke Tungkaran dan
menuju kubah masih jalan setapak dan berbatu. "Kemudian ada kisah bahwa
Pak Rudy Ariffin, Bupati Banjar hendak maju menjadi calon gubernur Kalsel. Pak
Rudy sowan ke Guru Sekumpul. Lalu oleh Guru Sekumpul, Pak Rudy disarankan untuk
mengaspal jalan menuju kubah Datu Bagul sekalian bernazar di kubah tersebut.
Singkat cerita, jalan sudah bagus dan tak lama kemudian, Pak Rudy menang
sebagai Gubernur Kalsel pada 2005," ungkapnya.
Selanjutnya, karena berkah Datu Bagul tersebut terasa,
sekali lagi Rudy Ariffin bernazar bahwa akan membangunkan kubah yang megah jika
terpilih lagi sebagai gubernur. Rupanya, Rudy Ariffin lagi-lagi dipercaya
rakyat Kalsel di 2010 lalu. Kubah Datu Bagul pun dibangun beton dan megah,
hingga selesai 2011 lalu.
"Kita tak bisa menafikan keberkahan waliullah.
Jangankan urusan akhirat, urusan dunia bisa saja diperlancar dengan berkat
waliullah. Wajar saja jika hal itu terjadi, karena mereka (waliullah) itu dekat
(washil) kepada Rasulullah SAW dan dekat kepada Allah SWT," ucap Paman
Fauzan. Menurutnya, para waliullah itu di pandangan mata kepala wafat namun sebenarnya
hanya berpindah alam, dan hakikatnya mereka tetap hidup dan masih mendapat
limpahan rizqi dari sisi Allah SWT.
"Bahkan, mereka selola berdoa untuk umat Rasulullah
baik bagi yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Mereka juga mengaminkan
doa para peziarah. Hakikatnya, peziarah itu adalah tamu yang tentunya mereka
(waliullah) itu akan menghormat kepada tamunya dan mengaminkan doa para
peziarah," cetusnya.
Menurut Paman Fauzan, para wali yang sudah berpindah alam,
senang jika makamnya diziarahi, sehingga Rasulullah sangat menganjurkan kepada
umatnya untuk berziarah ke makam aulia meski hanya sebentar atau seperahan
susu, sedetik dua detik, karena nilainya bagaikan beribadah 1.000 tahun.
Paman Fauzan mengaku pernah bimbang ketika di musim banjir
2006 lalu, di mana musim paceklik, sehingga ia lalu munajat kepada Allah dengan
bertawasul melalui Datu Bagul. "Alhamdulillah, benih tak lama bisa
ditanam. Namun, masalah muncul lagi ketika menjelang panen, hama tikus
menyerang. Sekali lagi saya bertawasul, anehnya, lahan milik saya seperti tak
diminati tikus-tikus. Para tikus hanya berkeliaran saja tanpa banyak memakan padi.
Tahun itu, saya panen dengan cukup memuaskan, sementara petani lain panennya
kurang bagus," katanya.
Subhanallah, semoga bermanfaat manaqib Datu Bagul yang
sederhana ini.
fhoto hasil ziarah sendiri
Langganan:
Postingan (Atom)